Wah, akar wangi memberikan 4 manfaat sehat ini buat kamu

Akar wangi atau bahasa latinnya disebut licorice ini merupakan salah satu jenis tanaman rumput yang telah dikeringkan. Akar wangi memiliki beragam manfaat dan paling sering digunakan sebagai obat herbal. Tanaman ini masih dalam keluarga serai dan termasuk dalam famili Poaceae. Dilansir dari naturalalternativeremedy.com, berikut ini adalah empat manfaat sehat yang terdapat pada akar wangi.

Mengatasi depresi
Akar wangi mengandung asam glycyrrhizi yang berkhasiat mendorong fungsi kelenjar adrenal. Kelenjar ini memiliki fungsi untuk mengontrol produksi hormon kortisol yang bertanggung jawab menyebabkan kecemasan, kelelahan dan rentan terhadap alergi atau infeksi. Selain itu akar wangi juga memiliki kandungan asam amino asparagin yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan dalam sistem saraf tubuh.

Mengontrol kolesterol
Akar wangi bisa mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh dengan cara meningkatkan aliran empedu. Selain itu, asam empedu berkhasiat untuk memusnahkan kolesterol berlebih dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, akar wangi juga mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan kapiler dengan cara menghambat pertumbuhan plak di arteri.

Menopause
Kandungan antioksidan dan phytoestrogenic yang terdapat dalam akar wangi berkhasiat membantu beberapa gangguan yang berhubungan dengan masalah hormonal karena menopause seperti perubahan suasana hati dan kelelahan. Akar wangi juga mampu meningkatkan hormon estrogen dan mengendalikannya.

Mengatasi kram mentruasi
Tanaman sehat ini ternyata mengandung antipasmodic dan anti-inflamasi yang bisa membantu gejala pre-menstruasi atau PMS seperti nyeri perut, nyeri payudara, perubahan suasana hati, kembung dan gejala mual-mual.

Meskipun akar wangi memiliki berbagai macam manfaat kesehatan buat tubuh tapi anda juga harus berhati-hati terhadap efek samping yang ditimbulkan bila menggunakan bahan ini dalam jangka panjang atau terlalu sering. Misalnya saja katarak, hipertensi, hipokalemia dan retensi cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu akar wangi tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil atau orang yang memiliki masalah pada jantungnya.

Baca juga

0 Response to "Wah, akar wangi memberikan 4 manfaat sehat ini buat kamu"

Posting Komentar