4 manfaat buah bit bagi penderita diabetes

Bukan rahasia lagi bagi penderita diabetes untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan terutama sayuran. Tidak sedikit sayuran yang kaya akan kadar glikemik sehingga berbahaya bagi penderita diabetes karena bisa meningkatkan kadar gula darah.

Namun, karena terlalu waspada kadangkala bisa bikin lupa seseorang kalau tidak semua sayuran itu sama. Ada beberapa sayuran yang berbahaya bagi penderita diabetes dan menyimpan segudang manfaat sehat bagi penderita diabetes.

Salah satu sayuran yang bermanfaat adalah bit. Bit tergolong umbi-umbian yang berwarna merah dan mengandung gula alami. Banyak penderita diabetes menjauhi sayuran bit karena kandungan gulanya yang tinggi tapi jangan lupa kalau bit juga menyimpan beragam manfaat sehat bagi penderita diabetes. Berikut ini 4 manfaat buah bit bagi penderita diabetes.

Kaya serat
Umbi bit memang kaya akan gula alami tapi sayuran ini juga kaya akan kandungan serat, folat dan kalium di dalamnya. Jadi ketiga kandungan alami ini sangat baik untuk penderita diabetes.

Gula alami
Bit mengandung kadar 64 glikemik yang cukup tinggi untuk penderita diabetes tetapi perlu diketahui bahwa gula alami pada bit saat diubah menjadi gula prosesnya sangat lambat.

Kaya akan nitrat
Kandungan nitrat dalam umbi bit sangat kaya yang berkhasiat meningkatkan fungsi kognitif pasien diabetes. Khasiat tersebut bisa didapatkan asalkan kamu harus mengkonsumsi bit dalam jumlah wajar selama 2 mnggu berturut-turut.

Betalain dan neo-betanin
Betalain dan neo-betanin bisa ditemukan dalam bit yang artinya bisa meningkatkan sensitivas insulin dan menurunkan kadar glukosa. Selain itu sayuran sehat ini mampu mencegah oksidatif perubahan stres pada penderita diabetes.

Umbi bit lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus dan waktu yang paling baik untuk meminumnya adalah di pagi hari supaya mendapatkan semua manfaat dari bit tersebut. Dengan begitu gula alami dalam bit dapat dikonversi menjadi glukosa secara perlahan dan bisa menjadi sumber energi di pagi hari.

Baca juga

0 Response to "4 manfaat buah bit bagi penderita diabetes"

Posting Komentar