6 Makanan ini bantu wanita mengatasi masalah kesehatan saat menopause

Perubahan hormon, sering berkeringat di malam hari dan vagina kering merupakan berbagai masalah yang dihadapi oleh kaum wanita selama masa monopause yang disebabkan oleh rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh mereka.

Masalah seperti ini memang tidak bisa dihindari tapi jangan khawatir karena untuk melewati gangguan kesehatan selama menopause, ada beberapa jenis makanan kaya akan fitoestrogen yang dapat meringankannya. Berikut ini adalah makanan yang dibutuhkan selama masa menopause.

Kedelai
Bagi wanita menopause, kedelai adalah salah satu makanan yang direkomendasikan. Kandungan isoflavon pada kedelai sangat kaya dan ditemukan pula kandungan fitoestrogen. Setiap 25gr kedelai yang digabungkan dengan diet rendah lemak dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Resiko penyakit jantung koroner pada wanita menopause bisa dikurangi dengan makan kedelai.

Kacang tanah
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wanita pasca menopause yang makan segenggam kacang tanah dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Biji rami
Obstetrics and Gynaecology mengeluarkan sebuah studi yang menemukan bahwa untuk meringankan gejala menopause bisa dengan cara makan 40 biji rami. Selain itu, biji rami juga dapat menurunkan kadar insulin dan glukosa pasca menopause.

Mentimun
Mentimun yang kaya akan kandungan phytoestrogen dan air merupakan salah satu makanan yang disarankan bagi wanita menopause. Mengurangi keringat berlebih dan mencegah perubahan hormon bisa didapatkan dengan cara makan beberapa iris mentium di malam hari.

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Sumber phytoestrogen juga bisa didapatkan melalui kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan ini sangat dibutuhkan oleh wanita menopause karena kaya akan kandungan protein yang sangat tinggi didalamnya.

Tahu
Makanan yang diolah dari kedelai ini juga baik untuk mengatasi masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kurangnya hormon estrogen dalam tubuh. Tahu mengandung isoflavon dan protein yang sangat penting bagi tubuh wanita menopause. Pada masa menopause, hormon wanita mengalami penurunan drastis. Oleh sebab itu makanan diatas tadi sangat baik dikonsumsi.

Baca juga

0 Response to "6 Makanan ini bantu wanita mengatasi masalah kesehatan saat menopause"

Posting Komentar