Agrasen Ki Baoli, sumur dewa pengundang jiwa yang tersesat

Agrasen Ki Baoli adalah salah satu bangunan sumur tua bertingkat yang banyak ditemukan di India. Arti Baoli adalah bertingkat, sumur unik ini berada di Hailey Road, Jantar Mantar, New Delhi.

Sumur Agrasen Ki Baoli merupakan bangunan yang memiliki arsitektur termegah di masa lalu bahkan sekarang masih bisa dilihat kemegahannya. Sumur ini punya tiga tingkat dan 103 anak tangga yang menuju bagian sumur paling dalam. Para pengunjung bisa menelusuri semua bagian arsitektur sumur tersebut melalui anak tangga ini. Setiap tingkat sumur ini dilapisi oleh relung melengkung di kedua sisi masing-masing.

Sumur Baoli ini memiliki kedalaman hingga mencapai 60 meter tapi jumlah airnya sudah berkurang dibandingkan di masa lalu.

Berdasarkan dari gaya arsitekturnya, Agranse Ki Baoli dibangun pada masa Tughlaq tapi banyak masyarakat india yang beranggapan kalau sumur ini dibangun pada masa pemerintahan Maharaja Agrasen. Meskipun tidak didukung dengan bukti yang kuat, masyarakat India ini percaya sama legenda turun menurun mengenai Maharaja Agrasen yang memerintahkan untuk membangun Agrasen Ki Baoli.



Keberadaan Maharaja Agrasen memang sebuah legenda yang berkembang di tengah masyarakat setempat bahkan dia dipuja-puja seperti dewa khrisna. Menurut cerita, pada masa mahabaratha hidup seorang raja bernama Agrasen di kota kuno Agroha.

Menurut penjelasan dari travel india bahwa tempat ini merupakan tempat paling angker dan berhantu yang ada di India. Katanya sumur dengan bangunan megah di sekelilingnya memiliki kemampuan untuk menarik dan menipu manusia untuk turun ke dalamnya. Para pengunjung juga mengatakan pernah diikuti oleh bayangan yang berada di antara pilar-pilar baoli.

Selain seram, tempat ini juga dihuni oleh puluhan kelelawar yang menjadikan suasana di sumur ini semakin mencekam. Karena itu banyak orang yang berkunjung ke tempat ini hanya pada saat siang hari dan setelah matahari tenggelam biasanya tempat ini sudah sepi.

Menurut legenda yang ada bahwa tempat ini dulunya dipenuhi dengan air hitam pekat yang misterius. Namun, cerita ini tidak memiliki bukti yang nyata. Bahkan tidak terdapat tanda-tanda air hitam meskipun sumur ini mengering. Banyak cerita yang menyebutkan bahwa sering terjadi kasus orang melompat ke dalam sumur tapi kenyataan berkata lain selama dasawarsa hanya ada satu kasus bunuh diri yang terjadi di tempat ini.

Baca juga

0 Response to "Agrasen Ki Baoli, sumur dewa pengundang jiwa yang tersesat"

Posting Komentar