Arz ar-Rabb, hutan purba dalam Alkitab tempat Caesar mencari pusaka

Dahulu kala tempat ini adalah kawasan hutan yang sangat luas hingga mencakup gunung Lebanon. Namun, saat ini tempat yang bernama Arz ar-Rabb telah menyusut bahkan lebih kecil daripada 2000 tahun yang lalu.

Sekarang areal Cedars of God telah dijaga dan dilestarikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Di kawasan hutan ini banyak sekali terdapat batang-batang cedar yang telah mati. Cedar yang mati ini diukir sedemikian rupa menjadi pohon yesus atau pohon penyaliban. Batang-batang pohon cedar tersebut diukir dengan sangat detail yang menggambarkan adegan saat penyaliban yesus.

Cedar lebanon atau disebut Arz ar-Rabb punya nilai sejarah dan religius yang sangat tinggi. Dalam alkitab mereka sering disebutkan. Di alkitab pohon cedar lebanon disebutkan hingga 70 kali dan digunakan sebagai simbol mesiah. Bahkan kisah kepahlawanan kuno Gilgamesh menggunakan batang pohon cedar lebanon untuk membangun peradaban kota. Kawasan pohon aras ini dianggap pusaka oleh orang-orang penting di zaman dahulu seperti iskandar agung, julius cesar dan herodes.


Menurut legenda setempat, dewa bangsa Sumeria bernama Enlil melindungi tempat ini. Dulu tempat ini berada di kawasan mesopotamia selatan yang sekarang disebut dengan nama Irak ini sangatlah indah dan pemandangannya menakjubkan. Disebutkan dalam legenda bahwa Arz ar-Rabb bahkan pernah diperebutkan oleh para dewa dan manusia.  Pertempuran antara dewa dan manusia ini berlangsung selama bertahun-tahun dan kemenangan akhirnya diperolah dari umat manusia.

Baca juga

0 Response to "Arz ar-Rabb, hutan purba dalam Alkitab tempat Caesar mencari pusaka"

Posting Komentar