Belville, Keluarga penjual waktu paling akurat di kota London

Pada masa lalu ketepatan waktu merupakan barang yang sangat langka. Untuk mencocokkan waktu saja dibutuhkan tempat khusus supaya ketepatan jam yang dipakai bisa tepat dan akurat. Pada tahuna 1800 sampai 1900-an hanya ada satu jam resmi yang waktunya tepat dan lokasinya berada di Royal Observaory, Greenwich, Inggris. Selain itu waktu pada jam dan arloji pada masa lalu memiliki perhitungan waktu yang kurang tepat sehingga perlu dicocokkan dan diatur ulang setiap harinya.

Pada saat itu di wilayah dekat jam ada sebuah keluarga yang tinggal disitu dan berkeliling setiap hari untuk mencocokkan waktu setiap orang yang membutuhkannya. Keluarga ini bernama Berlville yang menjual waktu paling akurat di london. Awalnya pada tahun 1836 Henry Berville merupakan seorang pegawai yang bekerja di Royal Observatory, Greenwich yang lokasinya berada di luar london.

Dia sadar kalau letak untuk mencocokkan jam terlalu jauh dari kota sehingga membuat banyak orang yang malas untuk mencocokkan jam di tempat dia bekerja.  Dia lalu memiliki ide cemerlang untuk menawarkan jasa mencocokkan jam dengan miliknya dengan cara mengelilingi kota london.


Ternyata ide untuk berkeliling menawarkan jasa tersebut mendapatkan banyak keuntungan bahkan dia memiliki sekitar 200 pelanggan yang bersedia mencocokkan jamnya setiap hari. Akhirnya dia mulai berhenti bekerja dan setiap pagi mulai berkeliling kota london untuk menawarkan waktu pada orang yang membutuhkan jasanya.

Setelah 20 tahun bekerja menawarkan waktu akhirnya usaha yang dia lakukan mulai dikenal di seluruh kota london karena memiliki akurasi paling tepat. Kemudian Henry meninggal pada tahun 1856 dan usaha tersebut tetap dilanjutkan oleh istrinya selama 42 tahun. Setelah istrinya pensiun, usaha tersebut dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Ruth Belville.

Ternyata akurasi ketepatan mencocokkan jam yang dilakukan Ruth Belville membuatnya menjadi sangat terkenal. Karena akurasinya sangat tepat masih banyak orang yang bersedia mencocokkan waktunya padanya meskipun sudah ditemukan perangkat radio. Usaha menawarkan waktu ini berakhir sekitar tahun 1940 ketika pecah perang dunia kedua yang semakin parah. Peristiwa bersejarah ini juga mengakhiri usaha keluarga Belville yang berusia 103 tahun ini.

Baca juga

0 Response to "Belville, Keluarga penjual waktu paling akurat di kota London"

Posting Komentar