Binondo adalah Pecinan tertua yang ada di dunia

Pecinan merupakan tempat biasa yang selalu ada di kota-kota besar yang tersebar di seluruh indonesia bahkan dunia. China Town atau pecinan biasanya berada di lokasi dekat dengan pasar karena tempat ini adalah pusat perdagangan yang kebanyakan dihuni oleh orang tionghoa. Namun, apakah kalian tahu darimana awal pertama kali pecinan muncul? Setelah ditelusuri jejak sejarahnya, ternyata tempat pecinan muncul dan dibentuk untuk pertama kalinya di kota Manila, Filipina.

Melansir Philstar bahwa pecinan yang dibangun untuk pertama kalinya pada tahun 1594 di Filipina. Pecinan ini dibangun oleh penguasa spanyol yang menjajah negara tersebut dan tujuannya agar bisa mengontrol para imigran dari China ke Filipina. Awalnya wilayah ini khusus dihuni oleh para imigran China yang memeluk agama katolik dan terletak sangat dekat dengan penguasa wilayah tersebut. Di Benondo ada sebuah gereja yang berumur ratusan tahun dan masih berdiri sampai sekarang ini.


Karena saking banyaknya imigran china yang datang kesini dan menikah dengan warga lokal maka di area tersebut jumlah warganya semakin bertambah banyak dan semakin padat. Percampuran warga lokal dengan para imigran china ini yang akhirnya melahirkan campuran atau disebut komunitas mestizo filipina. Kini tidak sedikit orang filipina yang memiliki darah gabungan antara orang China dan Filipina.

Binondo sendiri merupakan pusat perdagangan yang sangat ramai berlokasi di jantung kota Manila. Pecinan disini seperti pada umumnya karena disini ada toko, restoran, toko obat dan berbagai macam usaha yang dimiliki oleh warga sekitar yang tinggal di dekat pecinan. Perlu diketahui bahwa Filipina merupakan saksi sejarah dari beberapa kejadian besar yang ada di masa lalu mulai dari penjajahan yang dilakukan Inggris, lalu Revolusi Filipina untuk dapat hidup layak dan perang dunia kedua.

Sekarang ini Binondo merupakan salah satu tempat wisata di Manila yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini masih ditinggali oleh komunitas campuran China-Filipina. Di tempat ini anda bisa melihat pedagang buah, makanan dan peramal feng shui yang memenuhi jalan di wilayah ini. Setelah ratusan tahun berlalu tempat yang bernama Binondo ini merupakan tempat yang sangat menarik karena terjadinya percampuran budaya china dan filipina.

Baca juga

0 Response to "Binondo adalah Pecinan tertua yang ada di dunia"

Posting Komentar