Jangan buang kulit 5 buah ini. Lihat dulu manfaatnya di sini!

Sudah menjadi kebiasaan bila sebagian orang akan makan buah terlebih dahulu mereka mengupas kulitnya. Melon, salak dan semangka merupakan jenis buah yang harus dikupas kulitnya karena tidak mungkin bagi orang untuk memakan buah tersebut bersama kulitnya.

Namun, ada beberapa jenis buah yang lebih baik dimakan bersama kulitnya karena kulit buah mengandung nutrisi yang tidak kalah sehat sama daging buahnya. Buah apakah saja itu? Berikut ini 5 kulit buah yang kaya akan nutrisi.

Apel
Saat memakan buah apel orang terbiasa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Sekarang ini memang banyak ditemukan apel yang kulitnya dilapisi dengan lilin agar tahan lama dan tidak cepat busuk. Lilin ini bila masuk ke dalam tubuh memang berbahaya bagi kesehatan tapi kamu bisa mengatasinya dengan cara mencucinya sampai bersih. Kulit apel terbukti mengandung zat anti kanker dan kandungan antioksidan cukup tinggi.

Sawo
Dagih buah sawo terkenal manis dan berbeda sekali dengan rasa kulitnya yang agak pahit bila dimakan langsung. Kulit sawo sama dengan kulit apel karena mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, kulit sawo mampu menangkal serangan radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kulit lemon
Lemon terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Orang yang mengkonsumsi lemon akan mengambil perasan airnya saja dan membuang kulit beserta dagingnya. Perlu diketahui bahwa kulit lemon mengandung senyawa antikanker yang bernama salvestrol Q40 dan limonene. Selain itu, kulit lemon bisa menurunkan kolesterol.

Anggur
Kandungan anthocyanin atau pigmen yang memberikan warna pada buah anggur ini ternyata manfaatnya bisa melindungi dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu kulit anggur bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan memiliki sifat anti bakteri serta anti jamur.

Pisang
Kulit pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kulit pisang mengandung antioksidan, karotenoid dan polifenol yang manfaatnya dapat mencegah kerusakan sel dan melawan stres oksidatif. Selain itu, kulit pisang bersifat anti inflamasi yang bisa digunakan untuk melawan peradangan.

Jambu biji
Kulit Jambu biji kaya akan kandungan antioksidan dan serat di dalamnya sehingga dapat mengenyangkan perut dalam waktu lama. Kulit buah ini juga kaya akan petiknase yang baik untuk pencernaan. Manfaat kulit jambu yang lain adalah mampu mengontrol kadar glukosa darah.

Baca juga

0 Response to "Jangan buang kulit 5 buah ini. Lihat dulu manfaatnya di sini!"

Posting Komentar