Jangan remehkan gusi berdarah yang menunjukkan gejala 5 penyakit ini

Kebersihan mulut yang terjaga bisa didapat dengan memiliki gusi yang sehat. Tetapi, kadang-kadang gusi anda tiba-tiba terasa sakit dan meradang. Kalau masalah ini terjadi maka kesehatan mulut anda sedang bermasalah.

Gusi berdarah disebabkan oleh plak yang menempel sehingga membuat gusi meradang dan parahnya bisa memicu gangivitis. Namun, ternyata gusi berdarah tidak hanya menunjukkan masalah pada kesehatan mulut kamu. Akan tetapi juga menunjukkan tanda-tanda penyakit serius. Berikut ini lima macam penyakit yang ditunjukkan oleh gusi berdarah.

Diabetes
Radang gusi ternyata memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan penyakit diabetes. Biasanya gejala awal terkena diabetes ditunjukkan dengan tanda gusi berdarah. Bila ini terjadi maka penderita diabetes harus lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan mulutnya supaya bisa terhindar dari infeksi mulut dan gangguan kesehatan lainnya.

Trombositopenia
Kondisi kekurangan trombosit dalam darah dalam dunia medis terkenal dengan sebutan Trombositopenia. Kondisi ini mengakibatkan memar, pendarahan jaringan gusi dan pembekuan darah yang lambat bila mengalami luka. Jika anda memiliki trauma minor atau Trombositopenia maka bisa menimbulkan gejala gusi berdarah.

Leukimia
Gangivitis merupakan salah satu gejala awal yang menunjukkan tanda-tanda leukimia.  Infiltrasi gingiva oleh sel-sel leukimia bisa menimbulkan hemoragik atau pendarahan. Kondisi ini sangat serius dan berbahaya sehingga membutuhkan penanganan dengan segera. Jika anda sudah melakukan perawatan gigi secara serius tapi tetap mengalami gusi berdarah maka sebaiknya berkonsultasi pada dokter atau menuju rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

HIV
Menurut data yang ada bahwa sekitar 90 persen orang dengan HIV-positif mengalami setidaknya satu gangguan oral dan itu termasuk penyakit gusi serta gusi berdarah baik karena periodontitis atau gangivitis. Namun, perlu diketahui bahwa gusi berdarah bukan gejala yang ditunjukkan oleh HIV. Meskipun begitu tapi gusi berdarah harus segera ditangani agar tidak terkena infeksi.

Kehamilan
Mengalami gusi sensitif dan gusi berdarah selama masa kehamilan merupakan hal yang biasanya terjadi. Hormon kehamilan yang melonjak mengakibatkan gusi jadi bengkak, meradang dan mudah berdarah. Perlu diketahuin bahwa kebersihan mulut sangat berpengaruh pada pekermbangan janin. Oleh karena itu gusi berdarah bisa menjadi awal peringatan untuk lebih berhati-hati terhadap penyakit berbahaya.

Baca juga

0 Response to " Jangan remehkan gusi berdarah yang menunjukkan gejala 5 penyakit ini"

Posting Komentar