Ketahui, kurang tidur sembunyikan 5 bahaya kesehatan bagi tubuh

Sibuk karena berbagai tugas yang menumpuk dan berbagai aktivitas sehari-hari bisa membuat orang lupa betapa pentingnya tidur. Salah satu hal penting adalah tidur karena tubuh sudah jelas akan memerlukan waktu istirahat dan memulihkan diri agar bisa melakukan kegiatan dengan baik.

Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai dampak negatif buat kamu seperti mudah marah, lelah dan menyebabkan rasa kantung tak tertahankan. Nah, berikut ini adalah lima bahaya kesehatan yang disembunyikan karena kurang tidur.

Membuat berat badan naik
Metabolisme bisa terganggu keseimbangannya bila kurang tidur. Sebagian besar orang yang mengalami kesulitan tidur sering menggantinya dengan tidur lebih lama ketika di akhir pekan atau hari libur padahal cara tidur seperti ini malah bisa menyebabkan berat badan semakin bertambah. Selain itu, cara tidur seperti ini bisa meningkatkan resiko diabetes.

Menurunkan konsentrasi
Biasanya orang tidak akan bisa fokus dan tidak bisa berkoordinasi dengan baik terhadap rekan kerjanya bila kurang tidur. Para peneliti dari the University of California melakukan sebuah studi bahwa orang yang kurang tidur akan mempengaruh saraf-saraf di otak yang berhubungan dengan konsentrasi.

Depresi
Dokter Safwan Badr mengatakan bahwa tidur yang sehat merupakan hal utama bagi fisik, mental dan kesejahteraan secara emosional. Hubungan antara depresi dan kurang tidur saling berdekatan serta bagi orang yang menderita gejala depresi bisa meningkatkan resiko genetik.

Resiko serangan jantung
WHO mengungkapkan bahwa kurang tidur sama saja dengan efek negatif merokok yang merusak kesehatan. WHO yang melakukan studi menemukan bahwa resiko terkena serangan jantung jauh lebih tinggi pada orang yang kurang tidur. Selain itu kurang tidur bisa meningkatkan resiko stroke sampai empat kali lipat.

Mempengaruhi memori
Studi telah membuktikan bahwa tidur yang cukup bisa membantu menghapal dengan baik. Hal ini dkarenakan tidur memicu sinapsis otak untuk melemahkan atau memperkuat sesuai dengan memori masing-masing individu. Hal ini juga dikenal sebagai potensi jangka panjang. Oleh sebab itu kurang tidur bisa menurunkan kemampuan mengingat seseorang serta mendorong sinapsis otak untuk tidak terjadi.

Baca juga

0 Response to "Ketahui, kurang tidur sembunyikan 5 bahaya kesehatan bagi tubuh"

Posting Komentar