Korban mulai berjatuhan, rokok elektrik ternyata bisa meledak

Tidak sedikit yang mengira kalau vaping merupakan cara alternatif yang lebih aman daripada rokok. Namun, hal itu tidak benar karena belakangan ini komponen yang ditemukan di dalam vape dan e-cig ternyata sangat berbahaya. Kekacauan akibat rokok elektrik tidak hanya berhenti sampai disitu saja.

Melansir dari Wired bahwa Vape Pen dan E-Cig bisa meledak kapan saja. Pada bulan november tahun lalu ada kasus seseorang dari Colorado mengalami patah leher, luka bakar, kerusakan tulang wajah dan gigi yang hancur saat menghisap E-Cig yang tiba-tiba saja meledak. Selain itu ada juga kasus tentang seorang remaja yang berusia 15 tahun kehilangan enam gigi disebabkan ledakan yang sama dari E-Cig. Meskipun data statistiknya cukup rendah tapi dampak yang ditimbulkan dari pemakaiannya sangat mengerikan.

Setidaknya sampai saat ini ada 25 kasus ledakan dari rokok elektrik yang terjadi di Amerika antara tahun 2009 hingga 2014 lalu. Kasus ledakan kemungkinan akan semakin bertambah banyak seiring dengan meningkatnya popularitas rokok elektrik saat ini. Jika sekarang anda mencarinya di mesin pencari Google maka akan menemukan 12 kasus ledakan yang terjadi.

Penyebab rokok elektrik bisa meledak ternyata sudah tidak asing lagi karena daya yang digunakan pada rokok elektrik adalah baterai lithium-ion. Tipe baterai ini dilarang dibawah ke bandara atau airport karena sewaktu-waktu bisa meledak di kargo pesawat.

Benda apapun yang memakai baterai lithium-ion juga mudah bermasalah bila sudah rusak atau terkena paparan temperatur yang tinggi. Jika hal tersebut terjadi maka baterai tersebut bisa meledak dan yang paling parah bisa meledak. Masalah ini biasa terjadi pada gadget dengan harga murah yang memang menguntungkan bagi produsen sehingga mereka memproduksinya secara masal.

Menurut seorang dosen teknik mesin di Carnegie Mellon University yang bernama Venkat Visnawathan mengatakan kalau baterai murah tidak memiliki kecanggihan dalam sistem manajemen. Oleh karena itu baterai akan mengalami masalah bila over atau undercharge.

Solusi yang bisa dilakukan untuk saat ini hanya ada beberapa pilihan yaitu mengurangi pemakaian rokok elektrik dan memperbarui kualitas baterai menjadi lebih baik. Bila anda suka atau sering memakai rokok elektrik jangan pernah membeli barang yang dimodifikasi. Belilah rokok elektrik yang menggunakan baterai dan charger yang benar.

Baca juga

0 Response to "Korban mulai berjatuhan, rokok elektrik ternyata bisa meledak"

Posting Komentar