Mengapa tanggal 14 Februari dirayakan sebagai hari kasih sayang?

Banyak orang di seluruh dunia yang secara serentak merayakan tanggal 14 Februari sebagai hari valentine atau hari kasih sayang. Nama Valentine sebenarnya berasal dari nama salah satu orang suci atau santo dari agama kristen yang mengalami kisah cinta yang teramat tragis. Perayaan valentine yang diramaikan pada 14 Februari ternyata sudah dirayakan sejak lama.

Melansir dari Today I Found Out bahwa menurut sejarah, pada masa romawi kuno dulu sekitar tanggal 13, 14 dan 15 merupakan hari dimana diadakan atau diperingati sebagai Lupercalia atau disebut juga festival kuburan dan kesehatan. Pada awalnya festival ini berasal dari nama seorang dewa yang bernama lupercus dan perayaan ini agar hewan ternak milik penduduk bisa beranak pinak banyak dan selalu sehat.

Seiring berjalannya waktu, tujuan perayaan ini menjadi berubah. Festival agar mendapatkan hewan ternak yang sehat dan subur diubah menjadi pemujaan terhadap romulus yang mendirikan kota roma sekaligus memberikan kesehatan dan kesuburan bagi penduduk kota roma. Kesuburan ini tidak hanya untuk hewan ternak saja tapi juga para wanita yang tinggal di wilayah romawi.

Menurut pendapat ahli yang lain mengatakan kalau tujuan festival ini untuk melakukan perjodohan antara pria dan wanita. Saat festival berlangsung, sang pria akan memilih dan menarik wanita secara acak. Jika memang ada kecocokan antara pria dan wanita tadi maka hubungan mereka akan dilanjutkan dengan pernikahan.

Pada abad kelima, Seorang paus bernama hilarius melarang festival semacam ini karena tidak sesuai dengan budaya dan nilai-nilai kristen yang diajarkan. Namun, setelah paus hilarius digantikan dengan paus baru yang bernama gelasius. Peraturan tentang pelarangan festival ini pun dicabut olehnya dan meneruskan tradisi yang sudah berusia ratusan tahun ini. Bahkan pada masa itu paus gelasius menjadikan tanggal 14 februari sebagai peringatan untuk santo valentine, yang sekarang dikenal sebagai hari valentine.

Meskipun 14 Februari diperingati sebagai hari santo Valentine tapi sebenarnya masih belum jelas valentine mana yang dimaksud karena nama tersebut sangat umum. Dulu ada tiga orang yang bernama Valentine dan kemungkinannya salah satunya yang dimaksud oleh Paus Gelasius.

Baca juga

1 Response to "Mengapa tanggal 14 Februari dirayakan sebagai hari kasih sayang?"

  1. waw keren gan, sangat ermanfaat infonya
    jangan lupa kunjung blog saya ya gan
    kumisganteng.blogspot.co.id

    BalasHapus