Merasa pusing ketika berolahraga? 4 kondisi ini yang jadi penyebabnya

Efek yang umum terjadi saat merasa pusing berolahraga karena sebelumnya kamu mungkin belum sarapan, tidak cukup makan, dehidrasi dan melakukan teknik pernafasan yang salah. Namun, kondisi yang sedang kamu alami memang kondisi yang normal dan sehat.

Memang diketahui ada beberapa kasus yang menyebutkan kalau merasa pusing bisa menjadi gejala serius seperti punya penyakit jantung atau tekanan darah rendah. Kamu boleh berhenti berolahraga sejenak bila kamu merasa pusing yang teramat sangat parah karena hal ini bisa membuatmu kehilangan pingsan dan pingsan. Dilansir dari livestrong, berikut ini merupakan empat kondisi yang menjadi penyebab pusing selama berolahraga.

Kadar gula darah rendah
Diketahui tubuh memakai gula dalam bentuk glukosa untuk dijadikan bahan bakar atau energi. Tubuh akan kekurangan glukosa yang disebut dengan nama hipoglikemia bila kamu tidak cukup makan. Kondisi ini sangat umum bagi penderita diabetes meskipun ada beberapa kasus orang yang mengalami hal tersebut tapi tidak menderita diabetes.

Gejala lain yang mungkin saja muncul seperti peningkatan denyut jantung, lalu mual dan tubuh gemetar. Bila tidak ingin hal tersebut terjadi maka setiap dua jam atau empat jam konsumsilah makanan sebelum melakukan olahraga. Jika kamu tidak sempat makan makanan berat maka gantilah dengan mengkonsumsi camilan ringan misalnya saja buah. Jika pusing karena hal yang disebutkan diatas maka cobalah untuk minum jus buah atau mengonsumsi makanan ringan yang mengandung gula.

Kekurangan air
Sebelum dan setelah olahraga tidak minum cukup air bisa mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Tubuh tidak akan mampu mempertahankan fungsinya dengan baik ketika kekurangan air. Dehidrasi bisa mengakibatkan pusing, mulut kering dan sakit kepala. Cara terbaik dalam mencegah dehidrasi adalah dengan minum banyak air sebelum dan setelah berolahraga.

Namun, tidak usah minum air secara berlebihan karena terlalu banyak minum air juga dapat menimbulkan masalah. Sebaiknya untuk minum air ketika kamu sedang merasa haus dan lebih baik lagi jika mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit agar bisa membantu tubuh untuk menyerap cairan lebih efisien.

Teknik pernafasan yang salah
Sebaiknya untuk lebih sering mengolah tenaga kamu karena bila mengerahkan seluruh tenagamu ketika berolahraga maka akibatnya bisa membuat pernafasan menjadi dangkal. Bila hal ini terjadi maka bisa menyebabkan pusing, perasaan akan pingsan dan merasa lemah.

Jika anda mengalami nafas yang terlalu cepat maka sebaiknya berhenti dulu sebentar dari berolahraga. Hal ini memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat sejenak. Perlu diingat ketika berolahraga, setiap jenis latihan berbeda maka teknik pernafasannya pun ikut berbeda pula. Disarankan sebelum berolahraga ada baiknya berkonsultasi pada pelatih yang sudah ahli dalam jenis olahraga tersebut.

Permasalahan medis
Ketika berolahraga kamu merasa pusing maka penyebab bisa juga karena gangguan medis atau obat-obatan yang dikonsumsi. Disarankan ketika berolahraga dan mengalami pusing maka cara terbaik adalah dengan beristirahat sejenak. Duduk sambil menegakkan kepala dan jangan berbaring. Sangat membantu sekali bila anda duduk ketika merasa pusing atau berjalan-jalan sebentar untuk mengurangi rasa pusing.

Baca juga

0 Response to "Merasa pusing ketika berolahraga? 4 kondisi ini yang jadi penyebabnya"

Posting Komentar