Sambut hari raya Imlek yang meriah di kota Tionghoa, Singkawang!

Saat perayaan imlek nanti apakah anda mempunyai rencana berlibur ke suatu tempat? Perayaan yang diadakan setahun sekali ini oleh warga keturunan tionghoa memang sangat istimewa sekali. Sebab hari imlek identik dengan pertunjukan barongsai yang menunjukkan atraksi ekstrem hingga pawai lampior yang di gelar di jalanan. Kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke china untuk merayakan hari imlek karena ada tempat menarik di indonesia yang khusus untuk merayakan hari imlek yaitu Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Dari Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat, anda harus menempuh jarak 145 km untuk mencapai lokasi kota Singkawang. Kota ini memang kebanyakan dihuni oleh keturunan warga tionghoa jadi dipastikan perayaan hari imlek sangat meriah disini dibandingkan kota-kota lain. Perjalanan bisa ditempuh melalui jalur udara dengan tiket jakarta-pontianak yang menggunakan maskapai Sriwijaya Air.

Tarif yang ditawarkan maskapai tersebut sekitar  Rp 492.548,- untuk sekali jalan. Sedangkan bila tidak mau repot maka bisa memesan tiket pulang pergi seharga Rp 923.300,-. Setelah anda mencapai kota pontianak perjalanan dilanjutkan dengan naik bus. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk mencapai ke kota Singkawang. Namun, bila tidak ingin repot ganti angkutan umum bisa menggunakan jasa menyewa kendaraan.




Dalam perjalanan anda bisa menikmati berbagai macam pemandangan unik dan tidak biasa. Mulai dari rumah dibangun diatas rawa hingga hotel yang terlihat di atas bukit. Setelah sampai kota Singkawang anda akan disambut dengan pernak-pernik asli Tionghoa seperti lampion di sepanjang jalan dan bangunan klenteng.

Sebelum menikmati perayaan imlek di kota tersebut ada baiknya untuk mampir terlebih dahulu ke warung makan Mie Kering Haji Aman. Memang kalau dilihat sekilas mirip dengan mie ayam biasa. Dalam mie ayam ini terdapat kombinasi antara daging ayam, telur dadar, mie kuning, topping bakso, lumpia dan kuah daging sapi membuat rasanya semakin maknyuss..

Setelah selesai makan dilanjutkan melihat atraksi yang ditunggu-tunggu oleh warga Singkawang yakni atraksi Cap Go Meh. Acara ini selalu diselenggarakan setiap tahun dan sangat menarik karena menggabungkan seni tradisional dengan unsur magis di dalamnya. Bahkan para tatung atau peraga atraksi biasanya akan dirasuki oleh roh-roh halus yang baik.

Saat roh halus memasuki tubuh para tatung, mereka akan berperilaku aneh dan melakukan beberapa aksi yang sangat ekstrem seperti menancapkan kawat-kawat baja ke pipi dan tembus ke pipi satunya, lalu menginjak mata pisau tanpa alas kaki, dan menggigit ayam hidup-hidup untuk diminum darahnya. Biasanya orang-orang yang melakukan aksi ini adalah suku dayak. Liburan ke kota singkawang bisa menjadi kenangan seumur hidup dalam merayakan hari imlek yang meriah.

Baca juga

0 Response to "Sambut hari raya Imlek yang meriah di kota Tionghoa, Singkawang!"

Posting Komentar