Sejarah Asal usul munculnya lubang pada donat

Donat merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang dan populer karena rasanya sangat lezat serta memiliki bentuk yang unik sehingga menarik minat orang banyak. Selain itu karena bentuknya yang berlubang sehingga membuatnya mudah ditemui di kota mana saja. Namun, ada satu hal yang membuat makanan ini populer yakni bentuknya aneh serta memiliki lubang di bagian tengah.

Sejarah munculnya donat pertama kali berawal ketika donat ini bentuknya masih seperti kebanyakan roti pada umumnya yang bagian tengahnya masih tertutup rapat. Pada tahun 1847 seorang kapten bernama Gregory Hanson yang masih berusia 18 tahun ini menemukan ide membentuk roti yang berlubang bernama donat.

Sebenarnya ide yang ditemukan oleh Gregory dikarenakan masalah yang simpel yakni kue yang digoreng tidak bisa matang secara penuh. Bagian luar kue memang sudah matang dan kering tapi bagian dalamnya masih mentah. Oleh karena itu terlintas sebuah ide untuk melubangi bagian tengah kue tersebut supaya bisa matang sepenuhnya.

Dan cara yang dilakukan Gregory pun berhasil dan membuat kematangan kue secara merata dan rasanya menjadi lezat. Uniknya lagi cara melubangi bagian tengah kue tersebut ternyata disaat Gregory sedang melakukan perjalanan berlayarnya.

Namun, ada teori lain kemunculan donat untuk pertama kalinya terjadi di kota New York. Sebelum kemunculan donat sudah ada makanan sejenis dengan lubang di tengahnya yang bernama Bagel. Bagel sendiri sudah sangat populer di New York pada masa itu. Para pemilik toko memajang bagel dengan cara melubanginya dan menggantungnya. Berasal dari itulah mulai banyak sekali roti yang dilubangi bagian tengahnya untuk digantung di depan toko.

Setelah perang dunia pertama selesai, kue ini baru dikenal oleh banyak orang. Selanjutnya bisa kamu tebak sendiri, semakin banyak orang yang mengenal kue ini dan telah menyebar ke seluruh dunia. Kini donat sudah dikenal di seluruh dunia dan di setiap kota pasti ada kue yang bernama donat ini.

Baca juga

0 Response to "Sejarah Asal usul munculnya lubang pada donat"

Posting Komentar