Sudah tahu? Ini bahayanya bila tidur mangap

Tidur nyenyak merupakan idaman bagi banyak orang karena tidak semua orang bisa menikmati tidur yang lelap bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa tidur atau insomnia. Saat kita hanyut terbawa dalam mimpi tahu-tahu tanpa sadar mulut terbuka dengan sendirinya. Memang jika dilihat orang pasti sangat konyol tapi ternyata tidur dengan mulut terbuka atau mangap menyimpan efek buruk bagi tubuh.

Menurut Dailymail bahwa para ilmuwan melakukan penelitian tentang aktivitas tidur sambil mulut terbuka atau mangap dan hasilnya cukup mengejutkan karena tidur dengan mulut terbuka bisa merusak gigi yang efeknya disamakan dengan minum soda. Diketahui ketika orang sedang tidur dalam kondisi mulut terbuka otomatis nafasnya akan membuat mulut menjadi kering.

Saat mulut kering maka akan menghilangkan sistem perlindungan air liur yang digunakan untuk membunuh bakteri di mulut. Bakteri yang berada di mulut kering akan bebas menciptakan asam lalu dalam jangka panjang asam yang dibentuk oleh bakteri tadi akan mengakibatkan kerusakan pada gigi.

Orang yang tidur dengan mulut menganga akan mengalami kerusakan gigi dan yang paling sering terkena adalah bagian gigi belakang. Penyebabnya ya itu tadi karena mulut menjadi kering dan dampak yang paling parah terjadi pada gigi bagian belakang dibandingkan gigi depan.

Kondisi tidur dengan mulut terbuka biasanya dialami oleh orang yang memiliki asma dan sleep apnea.karena mereka cenderung tidur dengan mulut menganga. Tingkat keasaman yang bisa mengikis enamel gigi biasanya angka tingkat keasaman mencapai 3,6. Efeknya sama dengan minum soda dan jus jeruk sebelum tidur.

Kabar buruknya hal seperti ini sering terjadi para pria. Penemuan yang dilakukan oleh para peneliti dari Otago University, Selandia baru mengungkapkan bahwa bernafas dengan mulut bisa menyebabkan kerusakan pada gigi seperti pengikisan pada bagian enamel.

Baca juga

0 Response to "Sudah tahu? Ini bahayanya bila tidur mangap"

Posting Komentar