Suka kuliner unik? Waspada pada 5 makanan ini yang bisa berujung kematian

Apa kalian punya hobi mencicip kuliner unik dari berbagai daerah atau negara? Beberapa orang akan merasa sangat senang ketika datang ke suatu tempat dan menemukan sebuah makanan baru serta unik yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Meskipun makanan tersebut sangat menggoda selera tapi kamu harus tetap hati-hati dan waspada terhadap jenis makanan baru yang kamu makan. Karena tidak semua makanan unik itu baik untuk kesehatan kamu bahkan cenderung berbahaya sampai bisa menyebabkan kematian.

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung racun sianida dantetrodotoxin. Jenis racun ini lebih berbahaya dari sianida. Nah, biar kamu semakin waspada maka berikut ini adalah beberapa makanan unik tapi memiliki efek mematikan.

Ikan buntal (fugu)
Ikan buntal atau disebut ikan fugu ini bisa ditemui di negeri sakura sana. Di jepang sana ada beberapa restoran yang menyajikan hidangan dari ikan buntal. Bila kamu mengonsumsinya maka persiapkan diri anda karena ikan yang rasanya lezat ini bisa menyebabkan asfiksia.

Asfiksia merupakan kondisi gangguan pernafasan yang menyebabkan oksigen berkurang secara drastis dan meningkatkan karbondioksida sehingga bisa menyebabkan kematian. Racun tetrodotoxin yang ditemukan dalam ikan buntal itu 1.200 kali lipat lebih berbahaya dibandingkan racun sianida.

Kerang darah
Kerang darah merupakan makanan yang tumbuh di dalam laut dan mudah ditemui di pasar ikan. Kerang ini memiliki daging berwarna merah dan selalu diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Meskipun lezat, kerang darah ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan. Kerang darah yang dimasak kurang matang sangat berbahaya karena mengandung beragam virus dan bakteri seperti tifus, disentri dan hepatitis A. Penyebab banyak virus yang terdapat pada kerang darah itu karena tempat tinggalnya yang kurang mendapat oksigen.

Singkong
Setiap membicarakan kuliner unik pasti biasanya bahan dasar yang digunakan adalah singkong. Umbi singkong biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat makanan tradisional seperti gethuk atau diolah menjadi tepung tapioka untuk dibuat sebagai puding tapioka.

Meskipun kaya akan protein, vitamin dan karbohidrat ternyata singkong juga mengandung senyawa berbahaya yang disebut linamarine. Senyawa ini memang tidak beracun ketika masuk dalam mulut manusia tapi setelah mencapai sistem pencernaan maka akan berubah menjadi hidrogen sianida yang mematikan.

Anak gurita
Bila kamu penggemar makanan laut pasti mengenal makanan yang bahan dasarnya menggunakan anak gurita. Anak gurita yang dimasak memang memiliki rasa yang lezat tapi berbahaya bila dikonsumsi secara mentah. Itu karena tentakel anak gurita yang masih hidup tetap bisa bergerak meskipun terpisah dari tubuhnya dan bila dimakan maka tentakel hidup ini akan menempel pada tenggorokan yang bisa membuat tersedak sehingga berujung pada kematian.

Keluwak
Keluwak atau bernama latin pengium edule ini merupakan jenis rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk masakan rawon. Perlu diketahui kalau buah keluwak mengandung hidrogen sianida yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Baca juga

0 Response to "Suka kuliner unik? Waspada pada 5 makanan ini yang bisa berujung kematian"

Posting Komentar