Sungai di Peru memiliki suhu tinggi hingga menyebabkan air mendidih

Hingga saat ini misteri tentang hutan amazon beserta wilayahnya tetap diselimuti misteri. Wilayah Amazon memang merupakan salah satu tempat hutan tropis terbesar di dunia. Tempat ini diyakini terdapat peninggalan kuno yang masih belum ditemukan sampai sekarang. Namun, di dalam hutan amazon terdapat sebuah sungai yang airnya selalu mendidih.

Sungai dengan air panas ini terletak di wilayah peru dan banyak rumor yang berkembang di daerah tersebut. Karena tidak percaya dengan legenda seorang pria bernama Andres Ruzo yang merupakan ahli bumi meneliti sungai mendidih tersebut dan pada tahun 2011 berhasil membuktikan kebenarannya.

Mayantuyacu merupakan nama dari sungai unik ini dan ceritanya sudah menyebar di kalangan masyarakat Peru sejak lama. Berdasarkan cerita bahwa dulu penjelajah spanyol datang ke tempat ini untuk mencari emas tapi dihalangi oleh raja Inca. Penjelajah spanyol tidak diam saja, mereka lalu menyingkirkan raja inca dan melanjutkan perburuan emas tapi tidak berhasil dan malah menemukan sungai yang mendidih. Keluarga Ruzo juga menceritakan cerita tersebut sehingga mendorongnya untuk mencari kebenarannya.



Andres Ruzo adalah mahasiswa doktoral di bidang geofisika ini tidak percaya ada sungai mendidih yang jauh dari gunung berapi. Biasanya sungai mendidih atau bersuhu panas hanya bisa ditemukan di dekat gunung berapi tapi sungai ini malah kebalikannya.

Awalnya Ruzo tidak mempercayai legenda yang diceritakan oleh keluarganya tapi bibinya mengatakan pernah melihatnya bahkan berenang di dalamnya. Berangkat dari penasaran akan cerita bibinya, dia mulai menelusuri hutan amazon dan sampai ke sebuah situs penyembuhan masyarakat Ashaninka di Mayantuyacu.

Sungai mendidih ternyata benar-benar ada. Lebar sungai ini sekitar 25 meter dengan kedalaman mencapai 6 meter. Suhu sungai yang panas juga bisa dibikin teh. Air yang mengalir dari sungai ini berasal dari sumber air panas yang letaknya jauh di dalam bumi dan terhubung langsung dengan pusat bumi.

Di beberapa bagian sungai ada yang bersuhu sangat panas dan agak panas. Ruzo melihat hewan yang terjatuh di bagian sungai bersuhu panas langsung mati seketika. Saat ini Ruzo sedang menulis buku tentang keanehan yang terdapat pada sungai mendidih tersebut. Selain itu, dia berupaya mencegah penebangan liar yang terjadi di sekitar sungai mendidih.

Baca juga

0 Response to "Sungai di Peru memiliki suhu tinggi hingga menyebabkan air mendidih"

Posting Komentar