Sungai unik di Mayantuyacu yang senantiasa mendidih

Keajaiban alam bisa terjadi di mana saja termasuk di hutan amazon. Sungai ini memang terlihat seperti sungai biasa pada umumnya tapi aliran sungai ini selalu mendidih sepanjang waktu. Sungai unik ini terletak di Mayantuyacu, Peru.

Shanay-timpishka merupakan sebutan yang diberikan oleh warga setempat yang memiliki arti direbus dengan panas matahari. Menurut cerita masyarakat setempat bahwa sungai panas tersebut dilepaskan oleh seekor ular raksasa bernama Yacumama. Yacumama artinya penguasa air yang dianggap sebagai salah satu kepercayaan di sana.

Panjang Shanay-timpishka sebenarnya hanya berjarak 6,4 km, tidak terlalu panjang. Untuk lebarnya sekitar 25 meter dan memiliki kedalaman mencapai 6 meter. Jadi makhluk hidup yang tercebur di dalam sungai mendidih ini bakal tidak terselamatkan. Karena air mendidih tersebut akan merebus siapapun yang masuk ke dalamnya.


Suhur air di sungai unik ini mencapai 60-90 derajat celcius. Bahkan ada beberapa titik air yang suhunya mencapai 100 derajat. Dalam hitungan detik bisa menyebabkan luka bakar tingkat tiga jika sampai tercebur ke titik air tersebut. Bahkan hewan pun tidak akan selamat setelah jatuh ke sungai ini.

Satu-satunya sungai mendidih yang ada di peru adalah Shanay-timpishka saja, tidak ada yang lain. Sungai aneh ini memang menjadi fenomena unik yang terjadi di negara ini. Anehnya sungai mendidih ini jauh dari gunung berapi dan entah kenapa keunikan sungai tersebut baru saja diketahui oleh dunia padahal sungai ini dulunya sudah ada disini. 

Baca

0 Response to "Sungai unik di Mayantuyacu yang senantiasa mendidih"

Posting Komentar