Tak hanya bikin bugar, ini 5 manfaat aerobik bagi kesehatan

Apa anda kenal senam aerobik? Senam yang satu ini banyak orang yang memilihnya karena melakukan senam aerobik sangat menyenangkan dan banyak yang mengakui kalau senam ini bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. Tidak hanya itu saja manfaat senam aerobik, karena aerobik menyimpan berbagai macam manfaat untuk mencegah penyakit. Apa anda penasaran? Berikut ini lima manfaat aerobik bagi kesehatan tubuh.

Memperlambat perkembangan parkinson
Seorang neurologist yang bernama Eric Ahlskog mengungkapkan bahwa untuk memperlambat perkembangan penyakit parkinson khususnya demensia bisa dilakukan dengan cara latihan aerobik berkelanjutan. Ini karena orang yang melakukan aerobik bisa meningkatkan beberapa faktor agar kinerja otak tetap terjaga. Selain itu, aerobik bisa terhindar dari penyakit-penyakit neurodegenerative yang bisa menyebabkan penyusutan otak.

Menguatkan ingatan
Para peneliti dari Michigan State University menunjukkan hubungan antara fungsi memori dan latihan aerobik pada orang dewasa khususnya orang yang masih muda. Para peneliti menemukan bahwa orang yang punya tingkat kebugaran yang rendah memiliki ingatan jangka panjang yang buruk dan akan sulit mengingat semua informasi.

Membantu mengendalikan asma
Latihan aerobik selama 60 menit bisa membantu meringankan penyakit asma yang diderita. Para peneliti dari American College of Chest Physicians mengungkapkan bahwa penderita asma yang melakukan latihan aerobik selama 12 minggu akan dapat membantu mengendalikan asma yang mereka derita dan mengurangi gejala depresi.

Memerangi Alzheimer
Ternyata penyakit neurodegenerative dan alzheimer bisa dilawan dengan melakukan senam aerobik dalam jangka panjang. Beberapa gejala yang mengganggu pasien Alzheimer seperti disorientasi, perubahan suasana hati, kehilangan memori jangka panjang dan masalah perilaku bisa diringankan dengan bentuk latihan yang ada pada senam aerobik.

Mendukung kecerdasan otak
Para peneliti yang berasal dari Selandia Baru mengungkapkan bahwa orang yang sering melakukan senam aerobik secara teratur mendapatkan nilai yang lebih baik dalam hal tes mental daripada orang tidak atau jarang melakukan senam aerobik. Beberapa fungsi kognitif seperti multitasking dan konsentrasi termasuk perhatian atau di luar ingatan bisa ditingkatkan dengan latihan aerobik.

Baca juga

0 Response to "Tak hanya bikin bugar, ini 5 manfaat aerobik bagi kesehatan"

Posting Komentar