Tidak selamanya berpikir positif itu baik, ini efek negatifnya

Berpikir positif adalah hal yang harus ada dalam diri setiap orang akan hari-hari yang dijalaninya penuh kebahagiaan dan mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini mengungkapkan bahwa berpikir positif juga menyebabkan timbulnya rasa depresi di lain hari.

Melansir Huffington Post bahwa Gabrielle Oettingen yang berasal dari New York University ini melakukan sebuah penelitian tentang fikiran positif dan hasilnya orang yang berpikir secara positif adalah tanda-tanda akan muncul perasaan depresi di masa yang akan datang. Tetapi kita tidak harus menganggap pikiran positif itu sangat buruk.

Oettingen menyatakan bahwa ketika orang berpikir atau berfantasi akan hal-hal yang positif secara tidak langsung juga dia juga akan menyertakan beragam masalah yang akan dihadapinya dengan segera atau nanti ketika ingin mencapai suatu hal. Kita ambil contoh tentang berpikir untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga maka sebaiknya untuk memikirkan langkah-langkah yang tepat agar hal tersebut terjadi dan menjadi kenyataan.

Oettingen melakukan penelitian ini dengan melibatkan partisipan dewasa dan anak-anak. Penelitian ini tidak hanya sekali tapi sampai empat percobaan yang dilakukan Oettingen. Hasil dari percobaan tersebut adalah ketika orang berpikiran positif cenderung akan memiliki nilai rendah saat mengisi survey tentang tanda munculnya depresi. Namun, setelah melakukan survei yang sama selama satu bulan menunjukkan bahwa orang yang memiliki khayalan positif punya tingkat depresi paling tinggi dibandingkan yang biasanya.

Percobaan ini membuktikan kalau khayalan positif akan membuat seseorang mengalami depresi di masa yang akan datang. Hal ini menunjukkan bahwa ini adalah salah satu penyebab munculnya depresi pada seseorang nanti. Disarankan saat berkhayal positif coba juga untuk memikirkan langkah-langkahnya agar menjadi kenyataan.

Baca juga

0 Response to "Tidak selamanya berpikir positif itu baik, ini efek negatifnya"

Posting Komentar