Unik, Pulau di Jawa Timur Yang Dapat Bergerak

Salah satu tujuan wisata di provinsi Jawa Timur yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara setiap tahunnya adalah Kabupaten Probolinggo. Di tempat ini anda bisa melihat pesona dari gunung Bromo yang eksotis sehingga membuat masyarakat di jawa timur dan sekitarnya berbondong-bondong datang kesini.

Untuk menuju ke kawasan wisata bisa ditempuh oleh beberapa jalur misalnya saja melalui Pasuruan. Namun, banyak para wisatawan yang lebih memilih jalur pendakian karena aksesnya dianggap lebih mudah dibandingkan jalur lain. Untuk sampai bromo anda bisa melewati probolinggo. Selain gunung bromo sebenarnya masih ada beberapa destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi.

Seperti arum jeram songa yang sering menjadi target bagi para pecinta olahraga air karena memiliki arus cukup deras. Selain itu kota probolinggo dikelilingi oleh pantai yang tidak kalah dari Bali. Lalu ada juga sebuah pulau unik yang berada di seberang Pelabuhan Tanjung Lembaga, Probolinggo.

Pulau unik ini bernama Gili Ketapang yang dihuni oleh kebanyakan mayoritas oleh orang madura. Banyak rumor yang beredar di tengah masyarakat sekitar mengenai pulau unik tersebut. Konon, berdasarkan cerita masyarakat sekitar kalau pulau ini bisa bergerak.

Asal usul nama Gili Ketapang ternyata memiliki unsur mistis di dalamnya. Dulu pulau unik ini bisa bergerak menuju tengah lautan. Masyarakat sekitar percaya jika pulau ini memiliki kekuatan gaib yang tersembunyi dan tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Dulu katanya pulau Gili Ketapang masih menjadi satu bagian dengan Desa Ketapang, Kecamatan Sumerasih. Namun, kedua daratan tersebut terpisah karena disebabkan oleh gunung semeru yang meletus dan menyebabkan gempa bumi di sekitarnya.

Kemudian Desa Ketapang terpisah sejauh lima kilo mil dari probolinggo akibat gempa bumi yang dahsyat. Sejak saat itu masyarakat madura menyebut pulau ini Gili Ketapang yang artinya pulau mengalir. Disini memang penduduknya sangat ramah tapi masih kesulitan dalam berbahasa. Rata-rata penduduk pulau ini menggunakan bahasa madura dan tidak pernah memakai bahasa jawa apalagi indonesia untuk berkomunikasi.

Sebagian besar penduduk di pulau ini berprofesi sebagai nelayan tapi anehnya di pulau Gili banyak ditemukan kambing liar tanpa penggembala atau tidak mempunyai pemilik. Di pulau ini ada sebuah tempat yang dikeramatkan penduduknya yaitu Goa Kucing. Konon katanya gua ini dihuni oleh makhluk berwujud kucing yang memiliki ukuran badan raksasa. Banyak yang percaya kalau gua ini terdapat petilasan Syekh Maulana Ishaq yang merupakan salah satu tokoh penyebar agama islam di pulau jawa.

Goa kucing memiliki bentuk seperti lubang sumur yang hanya bisa dimasuki oleh satu orang dan disini terdapat mata air tawar. Letaknya berada di sebelah timur pulau tersebut. Juru kunci yang ada disini mengatakan pada malam-malam tertentu tempat ini sering dijadikan tirakat oleh banyak orang.

Baca juga

0 Response to "Unik, Pulau di Jawa Timur Yang Dapat Bergerak"

Posting Komentar