5 Kota di Indonesia yang berusia ribuan tahun

Walaupun banyak kerajaan yang berdiri dan memiliki sejarah yang panjang, hanya beberapa kota di indonesia yang memiliki usia diatas ribuan tahun. Hal ini dikarenakan beragam faktor mulai dari bencana alam, perang dan lain sebagainya. Oleh karena itu banyak arsitektur kota kuno hilang tanpa bekas. Memang sulit mencari kota yang memiliki akar peradaban kuno apalagi bukti tertulisnya juga tidak ada. Namun, ada lima kota di indonesia yang berumur ribuan tahun dan masih bertahan sampai sekarang.

Kota palembang
Usia kota palembang sangat tua yakni 1327 tahun. Dulu kota palembang merupakan pusat dari kerajaan sriwijaya yang terkenal dengan kekuatan armada lautnya di nusantara. Usia kota palembang diketahui dari prasasti Kedukan Bukit yang ada di sebuah bukit sebelah barat kota Palembang.

Malang
Malang juga salah satu kota yang memiliki usia diatas ribuan tahun. Malang terletak di jawa timur yang dikenal dengan hawa sejuk. Kota ini dulunya adalah pusat dari kerajaan singosari yang terbesar di pulau jawa. Usia kota malang sampai saat ini adalah 1255 tahun. Hal ini diketahui dari prasasti Dinoyo yang isinya tentang peresmian kota pada tanggal 28 november tahun 780. Baca postingan kemarin Kubah Misterius ditemukan di Planet Ceres

Kediri
Kediri dulunya adalah pusat dari kerajaan panjalu yang pada masa itu wilayah ini disebut daha sampai kemudian berubah nama menjadi kadiri atau kediri. Usia kota kediri adalah 1212 tahun yang diketahui berdasarkan dari prasasti Harinjing. Peresmian kota kediri pertama kali pada 25 Maret tahun 804.

Magelang
Kota magelang terletak di jawa tengah yang dikenal dengan candi borobudurnya. Sebenarnya selain borobudur, ada beberapa candi yang ada di kota tersebut tapi yang paling dikenal adalah candi borobudur. Usia kota magelang adalah 1109 tahun yang diketahui dari tiga prasasti yaitu Poh, Gilikan, dan Mantyasih. Dulu magelang bukanlah sebuah kota melainkan terdiri dari beberapa desa yaitu desa pardikan dan desa glanggang.

Purworejo
Kota purworejo terletak di wilayah selatan jawa tengah yang berada tidak jauh dari perbatasan magelang. Kota ini berusia 1115 tahun yang diketahui dari prasasti Boro Tengah. Kota ini pertama kali resmi didirikan pada tanggal 5 oktober tahun 901.

0 Response to "5 Kota di Indonesia yang berusia ribuan tahun"

Posting Komentar