7 Bunga cantik ini bisa bikin masakanmu jadi lebih lezat dan berwarna

Memang benar bila meja makan akan terlihat lebih cantik bila ditambahkan warna-warni bunga segar. Bahkan ada beberapa jenis bunga yang bisa ditambahkan ke dalam makanan. Bagian yang dipakai untuk menambah aroma dan cita rasa yang berbeda di tiap masakan adalah mahkota bunga.

Namun, bunga yang ditaruh dalam makanan juga tidak boleh sembarangan karena ada beberapa jenis bunga yang mengandung racun berbahaya dan bisa menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, bunga yang terkena pestisida pun juga berbahaya bila masuk dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis bunga yang bisa dimanfaatkan dalam masakan.

Mawar
Aroma dan rasa yang khas bisa didapatkan pada kelopak mawar. Bungan ini lebih sering dimanfaatkan sebagai selai, manisan dan teh. Di jepang, mawar biasanya digunakan untuk menambah aroma pada es krim, jeli dan jajanan khas lokal musim semi disana. Sebelum mengolahnya, buang bagian putih di dasar kelopaknya.

Marigold
Merupakan pilihan yang menarik bila menggunakan bunga marigold. Alasannya karena bunga marigold bisa menambah rasa pedas pada makanan dan bisa juga diolah menjadi garnish. Rasa asam segar mirip jeruk pada bunga dan daun marigold ini biasanya dipakai dalam sandwich, salad dan seafood.

Basil
Basil adalah tanaman dari keluarga yang sama dengan kemangi. Tetapi daun basil agak lebar dan sering digunakan pada masakan italia. Daun basil bisa menambah aroma masakan yang khas ditambah bunga basil yang bisa dimakan. Keduanya memiliki rasa yang sama dan juga ringan.

Dandelion
Dandelion merupakan tanaman liar yang banyak dijumpai daerah gurun tapi kini bunga tersebut dimanfaatkan pada masakan barat dan Asia. Daun, batang dan kelopak bunga dandelion rasanya lezat. Apalagi bunga yang masih belum mekar memiliki rasa yang lebih manis. Dandelion bisa dicampur dengan salad agar rasanya semakin lezat. Kamu bisa menumisnya, dan merebusnya.

Kembang sepatu
Nama lain dari kembang sepatu adalah hibiscus. Di luar negeri, bunga ini biasanya dijadikan teh tapi bisa juga diolah menjadi salad karena rasanya agak asam mirip dengan cranberry. Sebelum menggunakan kembang sepatu sebaiknya buang bagian serbuk sarinya terlebih dahulu.

Bunga matahari
Bunga matahari memang daya jualnya sangat tinggi karena mahkota, kelopak dan biji bunga matahari aman untuk dimakan. Mahkota pada bunga matahari bisa ditambahkan pada salad supaya rasanya agak khas mirip seperti kacang. Bijinya diolah menjadi kuaci dan tunas yang masih hijau bisa ditumis dengan mentega serta bawang putih.

Ketumbar
Daun ketumbar dapat menjadikan sup rasanya lebih enak. Akar ketumbar sangat cocok dimasukkan kedalam berbagai masakan asia yang karena memberika aroma dan rasa yang khas.

Baca juga

0 Response to "7 Bunga cantik ini bisa bikin masakanmu jadi lebih lezat dan berwarna"

Posting Komentar