Awas, 7 hal ini bisa merusak kesehatan hati kamu

Organ paling besar dalam tubuh manusia adalah hati. Hati berperan penting dalam 500 fungsi yang berbeda dalam tubuh dan beberapa fungsi tubuh yang berjalan diantaranya adalah metabolisme, pembuangan racun, penyimpanan nutrisi dan pencernaan.

Jadi, bila fungsi hati terganggu maka hal ini berdampak pada tubuh. Sangat penting untuk mengetahui hal yang menyebabkan kerusakan hati supaya anda bisa menghindari berbagai macam gangguan dalam tubuh. Berikut ini 7 hal yang bisa merusak kesehatan hati.

Alkohol
Penyebab utama kerusakan hati adalah meminum alkohol secara berlebihan. Saat alkohol masuk dalam dalam tubuh, hati akan bekerja keras untuk mengurangi racun di dalam alkohol tersebut. Bila hati terlalu banyak menyerap alkohol maka bisa menimbulkan penyakit sirosis, hati berlemak dan radang hati.

Obesitas
Orang yang terkena obesitas biasanya lemak berlebih akan berkumpul di hati. Inilah yang disebut dengan penyakit hati berlemak yang juga berhubungan dengan penyakit sirosis dan radang hati.

Diabetes
Diabetes bisa meningkatkan resiko penyakit hati sekitar 50 persen. Biasanya resistensi insulin ini terdapat pada penderita diabetes. Dimana kondisi ini akan memicu kenaikan berat badan terutama di area perut. Kondisi ini membuat lemak berkumpul di hati dan mengakibatkan penyakit hati berlemak.

Asupan garam yang tinggi
Terlalu banyak mengonsumsi asupan garam bisa membuat tekanan darah naik. Selain itu, hal ini juga bisa memicu penyakit hati berlemak dengan cara pembengkakan pada hati dan penuhnya cairan dalam hati.

Merokok
Fungsi hati tidak akan terlalu terpengaruh dengan asap rokok tapi bahan kimia dalam asap rokok bisa meningkatkan stres oksidatif ketika mencapai hati dan hal ini bisa merusak sel hati.

Terlalu sering menggunakan obat
Penyebab kerusakan hati juga dikarenakan terlalu sering menggunakan obat. Beberapa jenis obat yang harus diperhatian dan diwaspadai adalah obat penghilang rasa sakit, anti depresan dan kortikosteroid.

Infeksi dan penyakit
Virus hepatitis A,B,C dan hepatitis autoimmun bisa menyebabkan peradangan karena penyakit ini langsung menyerang sel-sel hati. Bila tidak ditangani dengan benar maka dapat menyebabkan sirosis hati (pengerasan dan bekas luka jaringan hati) dan kondisi bisa mengakibatkan gagal hati.

Baca juga

0 Response to "Awas, 7 hal ini bisa merusak kesehatan hati kamu"

Posting Komentar