Butcher's broom, buah aneh tumbuh dari daunnya

Tanaman ini memiliki buah yang tidak tumbuh dari batangnya tapi dari daunnya sehingga sangat unik dan aneh. Namun, dari situlah keunikan dari buah bernama Butcher's broom.

Butcher's Broom atau bernama latin Ruscus aculeatus merupakan jensi tanaman semak yang tumbuh di negara Amerika, Iran dan Mediterania. Di setiap negara nama buah unik ini berbeda-beda mulai dari Sweet Broom, Jew's Myrtle, Knee Holly, dan Pettigree.

Namun dari sekian banyak nama yang ada hanya ada satu nama yang paling diingat oleh banyak orang yaitu Butcher's broom yang artinya tukang sapu daging.

Dulunya nama tanaman ini diberikan oleh para tukang daging yang sering menggunakan tanaman ini untuk membersihkan talenan. Ranting-ranting dari Butcher;s broom bisa dimanfaatkan untuk diikat menjadi sapu ijuk dan digunakan untuk menyapu remah-remah daging mentah dari permukaan talenan.


Kalau dilihat baik-baik buah unik ini tumbuh dari permukaan bagian bawah daunnya. Meskipun buah tumbuh dari daunnya tapi jenis buah ini bukan termasuk abnormal karena daun tumbuhan ini memang memiliki fungsi ganda sebagai daun dan batang.

Baca Manfaat tersenyum untuk kesehatan jasmani dan rohani

Meskipun aneh tapi Butcher's broom memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Buahnya memiliki banyak manfaat kesehatan yang digunakan selama lebih dari 2.000 tahun.antara lain dapat menyembuhkan obat wasir, varises, gatal, bengkak, pencahar, dan diuretik.

Bahkan penelitian yang dilakukan pada tahun 1950 telah membuktikan bahwa ekstrak Butcher's Broom sangat efektif untuk meringankan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan sirkulasi darah. Tunas buah ini dapat diolah dan dikonsumsi sebagai rebung atau asparagus. Tumbuhan ini juga sering digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman rumah.

0 Response to "Butcher's broom, buah aneh tumbuh dari daunnya"

Posting Komentar