Cara ampuh mencegah serangan wasir

Salah satu penyakit yang menyerang anus adalah wasir. Gejala umum terkena penyakit wasir adalah ketika anus mengeluarkan darah saat anda beraktivitas atau bergerak dan merasakan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Istilah medis ambeyen atau wasir dikenal dengan nama hemoroid. Hemoroid sendiri merupakan pembuluh darah yang melapisi otot halus di sepanjang dinding anus dan rektum. Ketika berada dalam kondisi seperti ini maka peradangan akan selalu terjadi pada pembuluh darah yang menyebabkan darah pada pembuluh darah mengental.

Darah yang mengental tadi akan memberikan tekanan pada dinding sekitarnya sehingga mengakibatkan pendarahan dan rasa nyeri yang teramat sangat.

Penyakit wasir biasanya menyerang orang pada usia 45-65 tahun. Penyebab utama munculnya penyakit wasir adalah sembelit. The Premanente Journal melakukan sebuah studi yang menunjukkan bahwa cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit wasir adalah dengan menghindari sembelit dan tinja keras.

Untuk mencegah sembelit bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa penderita wasir harus mengonsumsi serat sejumlah 30-35 gram sehari. Makanan kaya serat bisa diperoleh melalui buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian.

Selain itu ada beberapa makanan yang disarankan seperti buncis, pir, buah ara kering, rasberry, plum dan beras merah. Manfaat mengonsumsi makanan tersebut adalah untuk melunakkan tinja dengan cara menyerap air dari makanan tadi. Selain itu, untuk mencegah terjadinya wasir bisa dengan cara minum air putih 8 gelas perhari.

Baca juga

0 Response to "Cara ampuh mencegah serangan wasir"

Posting Komentar