Cara mengatasi suara serak dengan ramuan alami

Cara mengatasi suara serak dengan ramuan alami - Apa anda pernah mengalami kesulitan saat mengeluarkan suara atau tenggorokan terasa serak? Kondisi ini biasanya dalam dunia medis disebut laringitis. Ini disebabkan karena pita suara anda mengalami peradangan. Penyebab peradangan pada pita suara karena menggunakan pita suara secara berlebihan, terkena infeksi virus dan bakteri.

Biasanya gejala umum dari laringitis adalah suara lemah atau serak dan tidak bisa mengeluarkan suara dengan jelas. Kondisi laringitis biasanya dibarengi dengan batuk kering serta sakit tenggorokan. Laringitis biasanya akan sembuh disini dalam kurun waktu selama 2 minggu tanpa diberi obat sekalipun. Namun, bila lebih dari waktu tersebut maka sebaiknya diperiksakan ke rumah sakit.

Untuk mengatasi atau menghilangkan suara serak bisa menggunakan ramuan alami yang bahannya berasal dari dapur. Berikut ini adalah cara mengatasi suara serak dengan ramuan alami.

Cuka apel
Cuka apel memiliki sifat anti-mikroba yang ampuh melawan infeksi. Jadi cuka apel bisa diandalkan untuk mengobati radang pada pita suara kamu. Cara membuatnya, campurkan 2 sendok makan cuka apel, 1 sendok makan madu dan 1/2 cangkir air. Jangan lupa untuk menambahkan satu buah cabai rawit berukuran kecil lalu diminum sampai habis. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

Baca Cara mengusir radang amandel dengan obat alami

Bawang merah
Bawang merah terbukti ampuh dalam mengatasi tenggorokan serak dan melegakannya. Cara membuatnya, Campur 3-4 bawang merah ukuran sedang dan 4 cangkir air lalu dimasak dalam api kecil hingga mengental seperti mirip sirup. Setelah itu, campurkan sirup bawang merah tersebut dalam segelas air hangat. Dan jangan lupa untuk menambahkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes perasan air lemo

Jahe
Radang tenggorokan bisa diatasi dengan jahe segar. Manfaat jahe segar adalah untuk menenangkan selaput lendir dan pita suara yang meradang. Cara membuatnya, Rebus 1 rimpang jahe segar yang diiris tipis bersama dengan air secukupnya dalam panci tertutup selama 10 menit. Saring airnya, dan diamkan sebentar sampai dingin dalam suhu ruangan. Sebelum diminum kamu bisa menambahkan perasan air lemon dan madu yang telah disiapkan. Konsumsi air jahe ini sebaiknya beberapa kali sehari.

0 Response to "Cara mengatasi suara serak dengan ramuan alami"

Posting Komentar