Daun salam, cara alami untuk mengatasi diabetes tipe-2

Saat divonis terkena diabetes biasanya orang akan mulai berhati-hati dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan. Itu artinya penderita diabetes akan memiliki aturan ketat mengenai makanan yang dikonsumsinya nanti. Tapi untung saja ada beberapa jenis makanan yang dapat mengatur kadar glukosa lebih efektif dan makanan itu adalah daun salam.

Daun salam merupakan rempah-rempah yang berfungsi membuat masakan semakin lezat dan mengatur lipid sekaligus mengontrol kadar glukosa dalam tubuh. Efek hipoglikemik dari daun salam ternyata berhubungan dengan hadirnya minyak esensial dan fitokimia.

Kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan glukosa dan metabolisme insulin. Selain itu, kandungan polifenol pada daun salam mampu mengeluarkan aktivitas potensiasi insulin sehingga membantu kontrol glukosa jadi lebih efektif. Hasil penelitian berdasarkan dari jurnal yang diterbitkan oleh Clinical Biochemistry and Nutrition.

Daun salam juga menunjukkan bahwa bila dikonsumsi dapat meningkatkan 20% kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan total kolesterol yang tidak baik dalam tubuh sekitar 26 persen, itu termasuk trigliserida dan kolesterol jahat.

Cara memanfaatkan daun salam berdasarkan jurnal tersebut adalah konsumsi 1-3 gram daun salam segar setiap hari selama 30 hari berturut-turut. Manfaatnya bisa memaksimalkan fungsi glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2.

Dengan cara diatas maka hal ini dapat menurunkan resiko komplikasi yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular dan diabetes. Daun salam juga bisa ditambahkan pada masakan favoritmu.

Baca juga

0 Response to "Daun salam, cara alami untuk mengatasi diabetes tipe-2"

Posting Komentar