Fakta, kini banyak orang ke museum hanya untuk melakukan selfie

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika anda mengunjungi museum seni. Mulai dari mencari inspirasi, mempelajari sebuah karya, mengapresiasi ciptaan seniman lain dan melakukan berbagai hal lainnya. Namun, di era modern ini banyak orang yang pergi ke museum seni hanya untuk selfie.

Art Institute of Chicagolah yang menemukan hasil mengejutkan tersebut. Awalnya tujuan mereka hanya untuk melakukan penelitian tentang berapa lama waktu seseorang yang dihabiskan ketika berada di museum seni dan ternyata mereka menemukan hal seperti ini.

Dalam 15 tahun belakangan ini, jumlah waktu yang dihabiskan seseorang dalam museum seni memang bisa dibilang cukup stabil. Namun, perbedaan terbesar dibandingkan dengan beberapa dekade lalu menyebutkan orang yang berkunjung ke museum seni hanya untuk selfit bersama karya yang dipajang. Bahkan kalau ditotal orang yang berselfie sekitar sepertiga pengunjung.

Lisa Smith yang berasal dari University of Otago menjelaskan bahwa orang jaman sekarang ingin secara cepat menikmati seni tanpa harus mendalaminya dan terlibat terlalu lama dengan seni yang dipajang di museum. Cara ini juga bisa menjadi bukti bahwa mereka pernah menikmati seni dan berada di depan karya tersebut melalui foto.

Peneliti juga beranggapan bahwa cara ini juga sama dengan orang yang membeli katalog hanya saja dia tidak perlu melibatkan dengan karya yang dipasang. Pergeseran sikap di museum seni itu dikarenakan hadirnya media sosial yang mengalami perkembangan pesat saat ini. Tampaknya kini museum bukan hanya jadi tempat untuk menikmati karya seni tapi hanya untuk sekedar pamer bahwa dirinya juga bisa menikmati karya seni.

Baca juga

0 Response to "Fakta, kini banyak orang ke museum hanya untuk melakukan selfie"

Posting Komentar