Ingin berhasil dalam ujian? 5 tips pola makan ini bisa bantu kamu

Memang sangat penting untuk mempersiapkan diri dikala mau menghadapi ujian. Walaupun akan menghadapi ujian jangan pernah lupakan untuk mengikuti pola makan teratur. Pola makan sehat yang dikonsumsi memiliki peranan penting untuk meningkatkan kinerja otak jadi lebih baik.

Selain untuk kinerja otak, makanan juga sangat penting bagi kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan tidak mengalami lesu ketika hari ujian berlangsung. Berikut ini ada beberapa tips pola makan yang bisa membuatmu berusaha lebih maksimal ketika menghadapi ujian.

Sarapan kaya protein
Tubuh dapat dengan mudah mencerna karbohidrat. Nah, untuk mendapatkan energi secara instan maka sebelum ujian awali dengan sarapan kaya protein seperti telur. Sarapan yang kaya protein mampu meningkatkan tryosine dalam darah dan otak. Asam amino dapat membantu sel saraf untuk meningkatkan produksi bahan kimia yang berperan penting untuk membuat kamu lebi fokus dan tetap aktif.

Mulai dengan sarapan berat dan sehat
Konsumsilah makanan yang rendah akan indeks glikemik supaya bisa membuatmu semakin fokus saat ujian. Makanan yang disarankan adalah oats, upma, muesli, idlis dan upma. Dengan mengonsumsi makanan ini akan membuat tetap terjaga dari rasa lesu, lelah dan mengantuk saat ujian berlangsung.

Camilan sehat
Rasa lesu dan mengantuk bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan besar 4 kali sehari. Bila hal ini terjadi maka darah lebih banyak dialirkan di perut daripada otak. Oleh sebab itu bila merasa lapar langsung saja makan camilan sehat seperti salad, buah segar, smoothie dan madu.

Hindari kafein
Kopi, cokelat, teh dan soda merupakan minuman berkafein dan harus dihindari sebelum menghadapi ujian karena akan membuatmu semakin gelisah. Kafein dapat membuat kamu sulit tidur meskipun membantu kamu tetap terjaga selama belajar. Minuman dan makanan berkafein bukan pilihan tepat ketika mau menghadapi ujian.

Hindari gula berlebih dan makanan olahan
Hindari makanan manis dan banyak gula seperti cokelat karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat dan tentunya ini akan membuat merasa ingin makan junk food. Makanan ini sangat tidak tepat dikonsumsi saat belajar karena tidak kamu tidak akan bisa konsentrasi.

Baca juga

0 Response to "Ingin berhasil dalam ujian? 5 tips pola makan ini bisa bantu kamu"

Posting Komentar