Keunikan Magadi danau soda berwarna pink di Kenya

Warna air danau biasanya berwarna kebiru-biruan tapi bagaimana bila ada jenis danau yang warnanya berbeda, tentu saja ini bikin penasaran. Di tanzania ada sebuah danau natron yang terkenal akan warna airnya yang berwarna merah. Sedangkan Kenya juga punya danau yang warna airnya mirip dengan Danau Natron sehingga kita seakan-akan melihat pemandangan dari planet lain.

Danau Magadi berada di Great Rift Valley, Kenya selatan. Danau magadi yang berwarna merah muda ini sebenarnya adalah danau alkali yang luasnya bisa mencapai 100 km persegi.

Permukaan danau Magadi memiliki kandungan soda padat dan setengah padat. Sementara itu, kandungan natrium karbonat dan natrium sesquicarbonate di temukan pada air danau tersebut. Bahkan di beberapa titik danau tersebut ada lapisan garam yang ketebalannya mencapai 40 meter.

Soda dan warnanya yang unik ini ternyata dipergunakan untuk bahan baku bagi perusahaan abu soda di Kenya. Soda yang diambil dari danau Magadi akan diolah terlebih dahulu sebelum digunakan untuk tujuan komersil.

Baca juga

0 Response to "Keunikan Magadi danau soda berwarna pink di Kenya"

Posting Komentar