Kubah Misterius ditemukan di Planet Ceres

NASA baru-baru ini memperlihatkan sebuah gambar permukaan planet Ceres yang menunjukkan sebuah kubah setinggi 5 kilometer. Perlu diketahui bahwa planet Ceres adalah planet paling kecil di tata surya kita. Nah, kubah ini dihiasi titik-titik bercahaya yang misterius.

Ahuna Mons merupakan nama kubah yang diberikan oleh NASA. Gambar yang dirilis NASA diambil dari satelit bernama Dawn Probe yang selama setahun ini telah menyelesaikan mengelilingi planet Ceres. Planet ceres terletak di sebuk asteroids antara Mars dan Jupiter.

Deskripsi kubah tersebut adalah memiliki diameter sepanjang 12 meter. Lalu Kubah misterius ini memiliki tembok mulus dan curam dan NASA masih belum mengetahui bagaimana caranya kubah tersebut terbentuk. Investigator utama dari satelit Dawn ynag bernama Chris Russel menjelaskan bahwa tidak ada yang berharap ada gunung di planet Ceres apalagi bentuknya seperti Ahuna Mons.


Ketika pertama kali Dawn menemukannya kubah ini terlihat berbentuk segitiga yang samar-samar. Sejak saat itulah, satelit terus mengamati kubah tersebut dan akhirnya dapat mengambil gambar secara jelas pada ketinggian sekitar 385 kilometer. Kubah ini hanya ada satu di seluruh daratan yang ada di planet Ceres.

Tepat di sebelah kubah ada satu kawah yang luasnya hampir sama dengan kubah tersebut. Sebelumnya, telah ditemukan sebuah kawah yang memiliki diameter 92 kilometer di planet Ceres. Sekarang para peneliti masih belum menyimpulkan apa yang terjadi pada kubah tersebut dan memerlukan data lebih.  Namun para peneliti mengungkapkan bahwa keberadaan titik-titik yang berada di sekitar dan dalam kawah itu, disebabkan oleh garam reflektif di dalam daratan Ceres yang lembap, yang dipicu oleh berbagai benda langit yang jatuh di atas permukaannya.

Baca juga

0 Response to "Kubah Misterius ditemukan di Planet Ceres"

Posting Komentar