Lebih indah dari danau Kelimutu, Gunung Kidul Menyajikan telaga Biru Semin

Saat orang mendengar nama gunung kidul pasti terbayang di pikiran kalau tempat ini dipenuhi dengan batuan karst dimana-mana. Padahal kawasan gunung kidul memiliki pantai-pantai indah di selatan Yogyakarta seperti pantai jogan, pantai baron, pantai siung, pantai indrayanti hingga pantai krakal. Pantai-pantai itulah yang membuat yogyakarta terkenal akan keindahan alamnya. Namun, popularitas yogyakarta belakangan ini semakin naik karena adanya Telaga Biru yang menakjubkan.

Telaga Biru ini disebut juga Blue Lake yang berada di wilayah Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju kawasan telaga biru dengan cepat bisa menggunakan jalur udara. Bila anda sudah sampai di kota Yogyakarta maka rute selanjutnya adalah menuju Wonosari melalui Phatuk dan Karangmojo. Setelah itu pergilah ke Watu Kelir hingga Semin dan jangan lupa untuk mengikuti petunjuk tempat telaga biru berada.

Karena wisata Telaga Biru masih baru maka untuk biaya masuknya gratis. Sebenarnya telaga biru ini tercipta dari ceruk besar yang disebabkan tambang kabur yang kemudian digenangi air. Di masing-masing ceruk setiap warna airnya berbeda-beda. Ada yang berwarna tosca hingga berwarna biru cerah. Wisata di telaga biru memang bebas biaya masuk tapi untuk parkirnya anda harus membayar Rp 2000,- untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.



Jika dilihat dari atas gunung, pemandangan indah di telaga biru sangat mirip dengan danau tiga warna di gunung kelimutu. Tempat wisata ini pun juga unik karena memiliki tiga telaga dengan warna air yang berbeda. Meskipun terbuat dari bekas tambang batu tapi pesona keindahannya tidak tertandingi apalagi area sekitarnya dikelilingi dengan hamparan hutan, sawah dan pegunungan sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Waktu terbaik untuk berkunjung kesini disaat pagi dan sore hari karena kamu bisa menikmati sunset dan sunrise yang indah di sela-sela pegunungan. Namun, para wisatawan harus berhati-hati bila berkunjung disini karena akvititas pertambangannya masih aktif dan bila musim hujan jalanan sini sangat licin.

Setelah menikmati sunset dan sunrise, waktunya untuk berenang di telaga ini. Para wisatawan akan dimanjakan dengan berenang di telaga biru karena seakan-akan berada di private pool. Meskipun begitu, para pengunjung harus hati-hati karena telaga ini memiliki kedalaman mencapai 6 meter. Bagi pecinta alam indonesia jangan lewatkan wisata telaga biru yang menakjubkan ini.

Baca juga

0 Response to "Lebih indah dari danau Kelimutu, Gunung Kidul Menyajikan telaga Biru Semin"

Posting Komentar