Manfaat buah kecipir bagi kesehatan

Manfaat buah kecipir bagi kesehatan - Kecipir merupakan anggota suku Fabaceae yang juga termasuk tumbuhan merambat. Pucuk dan polong muda kecipir sering diolah sebagai sayuran yang bergizi. Sayur kecipir bentuknya semak yang menahun, tumbuhan merambat dan membelit di media sekitarnya. Selain diolah menjadi masakan, buah kecipir dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah manfaat buah kecipir bagi kesehatan.

Sebagai antioksidan
Kandungan tokoferol dalam buah kecipir ternyata berperan sebagai antioksidan yang baik bagi ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil dan menyusui sering sekali terkena anemia sehingga disarankan untuk mengkonsumsi sejenis kacang-kacangan seperti buah kecipir.

Obat tetes mata dan telinga
Buah kecipir juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tetes mata alami. Cara membuatnya, sediakan beberapa helai daun kecipir lalu direbus dengan sedikit air bersih sampai mendidih lalu diamkan sebentar kemudian teteskan pada mata dan telinga.
Manfaat buah kecipir bagi kesehatan

Mengobati bisul
Cara membuatnya, siapkan 10 helai daun kecipir yang masih segar lalu dicampur dengan adas pulosari dan oleskan pada tubuh yang ada bisulnya.

Rendah kalori
Manfaat sayur kecipir lainnya adalah kandungannya yang rendah kalori. 100 grm kecipir memiliki kandungan sebesar 49 kalori ditambah lagi sayuran ini kaya dengan serat dan baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

Lemak sehat
Meskipun sedang menjalani program diet jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjaga keseimbangan hormon dan metabolisme. Untuk memenuhi lemak sehat saat diet adalah dengan cara mengkonsumsi sayuran kecipir secara teratur.

Sumber vitamin
Dalam sayuran ini terdapat kandungan vitamin C dan A yang bertindak sebagai antioksidan yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari rusaknya DNA. Kandungan vitamin B dan E pada kecipir bermanfaat untuk menjaga tenaga, meningkatkan suasana hati dan menjaga vitalitas badan.


0 Response to "Manfaat buah kecipir bagi kesehatan"

Posting Komentar