Niatnya dipugar tapi situs bersejarah ini malah rusak

Castillo de Matrera atau Kastil Matrera merupakan situs bersejarah yang selalu jadi kebanggaan Spanyol tersebut selama lebih dari satu milenium. Meskipun kondisinya dari tahun ke tahun semakin mengkhawatirkan benteng peninggalan abad pertengahan itu akan tetap menjadi salah satu ikon di wilayah selatan Spanyol.

Awalnya banyak orang yang mengira kalau benteng Matrera masih bisa bertahan selama beberapa puluh tahun lagi tapi tiga tahun yang lalu salah satu menara di kastil Matrera ternyata roboh sehingga pemugaran benteng tersebut harus segera dilaksanakan.

Seorang arsitek bernama Carlos Quevedo Rojas ditunjuk untuk menjalankan tugas pemugaran kastil Matrera. Tujuan awal pemugaran adalah untuk mengembalikan bentuk kastil tetap sediakala tanpa menambahkan sesuatu apapun. Namun, setelah selesai dipugar malah mendapatkan banyak komentar negatif serta cacian. Hal ini dkarenakan untuk menyangga tembok-temboknya yang hampir runtuh ini Rojas dan timnya menambahkan lapisan semen. Sekarang bentuk Castillo de Matreta malah terlihat seperti bangunan modern yang tengah direnovasi.

Menurut sejumlah media nasional bahwa telah ada sejumlah pihak yang menyesalkan hasil pembangunan yang dilakukan oleh Rojas dan timnya. Kelompok warisan budaya Spanyol bernama Hispania Nostra menyebut pekerjaan Rojas sebagai bencana dan sangat menyedihkan karena dianggap telah menghancurkan warisan spanyol yang sudah berumur satu milenia.

Baca Dapatkan Tubuh Langsing Dengan Hindari 4 Makanan Ini Saat Sarapan

Warga lokal juga mengungkapkan kekecawaannya dengan berkomentar bahwa rojas dan kawan-kawannya bukanlah seorang pemugar melainkan pembangun karena mereka sudah mengacaukan warisan budaya spanyol.

Carlos Quevedo Rojas juga mengajukan pembelaan atas kritik yang dilontarkan kepadanya. Menurutnya pemugaran yang dilakukan adalah untuk mempertahankan struktur sejarah dan integritas pada arsitektur benteng tersebut. Meskipun banyak menentangnya tapi tidak sedikit juga orang yang membela Rojas atas apa yang dilakukannya pada kastil Matreta.

0 Response to "Niatnya dipugar tapi situs bersejarah ini malah rusak"

Posting Komentar