Rompi Unik, Dibuat dari Rambut yang Dikumpulkan Selama 20 Tahun

Apa para wanita pernah punya hobi merajut baju sendiri? Atau mungkinkah kamu menggunakan waktu luang untuk menjahit dan merajut? Memang ketika membuat baju dan dipakai sendiri memberikan rasa kepuasaan mendalam. Rasanya sangat menyenangkan bila memakai baju dari hasil kerja keras sendiri.

Di Romania, ada seorang wanita bernama Ortansa Pascariu membuat rompi tapi bukan sekedar rompi biasa. Rompi yang dibuatnya sangat unik karena bahannya dari rambut yang dikumpulkannya selama 20 tahun. Ketika usianya menginjak 40 tahun, dia mulai mengumpulkan rambut rontoknya dan kini setelah menginjak usia 60 tahun, total berat rambut yang dia kumpulkan sudah mencapai satu kilogram.

Ortansa pun langsung memiliki ide untuk membuat sesuatu benda yang bahannya berasal dari rambut yang dikumpulkan selama 20 tahun ini. Ide tersebut untuk membuat rompi yang dibuat dari rambutnya sendiri. Tapi pertanyaannya adalah kenapa dia tidak pernah membuang rambut rontoknya, ya?


Di tempat dia tinggal ternyata punya tradisi kalau wanita tidak boleh membuang rambut rontoknya setelah sisiran. Dan bila rambut rontoknya dibuang maka kecantikannya pun juga ikut hilang bersama rambut rontoknya, kata para sesepuh. Ortansa mulai mengumpulkan rambut rontoknya ketika usia 40 tahun dan setelah 20 tahun, berat rambutnya sekitar 1 kg sehingga akhirnya dibuat rompi.

Di Stauceni, Romania memang memiliki tradisi kalau wanita tidak boleh membuang rambutnya. Ortansa yang mematuhi tradisi di kampung halamannya tersebut akhirnya mengumpulkan rambut. Untungnya rambutnya dulu panjang-panjang sehingga mudah merajutnya untuk dibuat rompi. Menurutnya memang merasa aneh tapi juga menyenangkan ketika merajut rambutnya sendiri jadi rompi.

Rompi yang dibuatnya memang tidak selalu dipakai setiap hari. Setelah lima tahun menyimpan rompi tersebut akhirnya Ortansa menyumbangkannya ke museum etnografis setempat. Suami ortansa pun sangat bangga akan rompi dari rambut buatan istrinya karena saat disentuh rasanya seperti terbuat dari wol. Memang ide kreatif bisa datang darimana saja.

Baca juga

0 Response to "Rompi Unik, Dibuat dari Rambut yang Dikumpulkan Selama 20 Tahun"

Posting Komentar