Seniman Rusia buat buku termini di dunia, cuma sebesar biji bunga

Tidak ada yang menduga bahwa buku terkecil yang pernah dibuat di dunia diciptakan oleh seniman asal Rusia. Seorang seniman miniatur dari siberia yang bernama Vladimir Aniskin berhasil menciptakan dua buku mini terkecil di dunia.

Bayangkan saja, buku terkecil di dunia versi guiness masih belum ada apa-apanya dengan karya seniman asal rusia tersebut. Buku buatan Aniskin memiliki ukuran 88 kali lebih kecil dibandingkan dengan buku versi Guinness Record. Bahakn buku kecil ini sampai muat ditaruh pada biji bungan poppy yang sudah dibelah.

Buku terkecil di dunia buatan Vladimir Aniskin ini ditaruh di atas piring emas kecil dan mungil. Lalu piring emas berukuran sangat kecil tersebut di taruh diatas setengah biji poppy. Buku mikroskopis ini hanya terdiri dari beberapa halaman saja dan terbuat dari film polyester ekstra tipis.

Sementara media litografi dimanfaatkan untuk membuat huruf cetak agar bisa mengisi tulisan di dalam buku tersebut. Aniskin menjelaskan bahwa karya miliknya tersebut dibuat tanpa bantuan siapapun. Peralatan yang dipakai untuk membuat buku tersebut sangat kecil dan muat di telapak tangan.

Hal paling sulit saat proses pembuatan buku adalah saat menyatuhkan lembar demi lembar halaman agar terlihat seperti buku. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah disatukan, seniman asal rusia ini menggunakan dua cincin khusus yang terbuat dari lima kabel mikron tungsten. Dengan cara begini karyanya akan kelihatan tampak seperti buku sungguhan.

Apakah buku tersebut bisa dibaca? Meskipun ukurannya lebih kecil dari biji bunga poppy, buku ini bisa dibaca dan dibalik seperti buku pada umumnya tapi dengan bantuan jarum yang sangat tajam.

Baca juga

0 Response to "Seniman Rusia buat buku termini di dunia, cuma sebesar biji bunga"

Posting Komentar