5 Bahaya kesehatan terlalu lama main smartphone

Banyak orang yang sudah kecanduan sama smartphone bahkan keman-mana mereka selalu membawanya. Mereka seakan-akan tidak bisa lepas dari smartphone meskipun itu hanya satu jam saja. Padahal menurut fakta kalau terlalu lama bermain smartphone bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah 5 bahaya kesehatan terlalu lama main smartphone.

Perubahan fisik
Bermain smartphone terlalu lama bisa bikin perubahan fisik pada dalam tubuh terutama tulang. Saat bermain smartphone biasanya orang selalu menunduk sekitar 60 derajat. Hal ini bisa memberikan beban pada leher hingga enam kali lipat dari beban maksimal dan bantalan tulang juga ikut bergeser.

Penuaan dini
Stuart H. Kaplan, M. D. adalah seorang dokter kulit di Beverly Hills yang melakukan penelitian yang menjelaskan bahwa banyak anak muda sekarang ini melakukan pengobatan botox untuk mengurangi kerutan dini. Alasannya karena terlalu lama melihat smartphone. Posisi leher saat menekuk ke bawah saat melihat smartphone bisa mengakibatkan efek jangka panjang yang berbahaya.

Kanker otak
Berdasarkan penelitian bahwa orang yang sering menggunakan smartphone setengah jam setiap hari selama 10 tahun dapat meningkatkan resiko kanker otak sebanyak dua kali lipat. Jika sejak usia muda memakai smartphone maka resikonya malah meningkat hingga empat kali lipat. Alasannya karena radiasi yang kuat dari smartphone.

Baca 5 Mobil Keren dalam Captain America: Civil War

Mengganggu ritme tidur
Tidur yang ideal itu minimal sekitar 8 jam dan paling lama adalah 10 jam per hari. Menurut fakta sekitar 15 persen remaja di dunia yang punya tidur berkualitas. Sementara sisanya adalah remaja yang kurang tidur. Cahaya dari smartphone bisa menyebabkan insomnia dan tidur jadi tidak tenang atau gelisah. Hal ini tentu saja berakibat buruk pada kesehatan tubuh karena kurang tidur.

Sakit mata
Menurut penelitian sekitar 37 persen orang menghabiskan 9 jam atau lebih bermain dengan smartphone. Hal ini bisa mengakibatkan mata kering, kemerahan, iritasi dan sakit kepala serta paling parah adalah rabun dekat.



0 Response to "5 Bahaya kesehatan terlalu lama main smartphone"

Posting Komentar