5 Hal penting yang perlu dicermati ketika membaca label kosmetik

Zaman percaya buta dengan produk buatan pabrik sekarang ini sudah lewat karena mau tidak mau kita harus menjadi konsumen cerdas. Setiap orang harus kritis dengan bahan-bahan yang dipakai untuk dibuat dalam suatu produk terutama juga kosmetik yang kita pakai sehari-hari.

Kita harus lebih teliti dan cermat dalam membaca klaim produsen dan bahan-bahan yang dicantumkan dalam label suatu produk. Berikut ini ahli kimi sekaligus pendiri perusahaan kosmetik yang bernama Jenny Frankel membagikan tips untuk jadi konsumen cerdas.

Komposisi bahan diurutkan sesuai persentase jumlahnya
Sebuah produk biasanya mencantumkan komposisi bahan yang digunakan dan juga jumlah persentasenya. Di urutan pertama adalah bahan yang paling banyak dipakai. Pada daftar terpisah biasanya menampilkan bahan-bahan aktif. Sementara bahan dengan kandungan di bawah satu persen biasanya akan ditampilkan dalam urutan apapun. Bahan non warna ditampilkan terlebih dahulu baru bahan yang bewarna.

Jangan mudah percaya dengan klaim produsen
Food and Drugs Administration menjelaskan bahwa suatu produk yang tidak pernah diuji pada hewan kemungkinannya bahan-bahannya pernah dipakai diujikan pada hewan. Jika ada produk yang memakai bahan yang mengakui Cruelty Free maka itu berarti bahan-bahan tersebut ada kemungkinan kalau bahan-bahannya pernah diuji pada hewan di masa lalu. Sederhananya jangan mudah percaya dengan klaim yang diberikan oleh produsen.

Baca Melihat keindahan fubuki sakura, fenomena gugur bunga di Jepang

'Teruji secara klinis' tidak selalu berarti bebas risiko
Kata dermatologically tested atau teruji secara klinis juga tidak memberikan jaminan terhadap konsumen. Hasil pengujian suatu produk dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain berapa alam rentang waktu untuk melakukan uji coba dan berapa jumlah partisipan yang mengikuti uji coba produk tersebut.

Waspadai keberadaan bahan-bahan berbahaya
Peraturan bahan-bahan yang diperbolehkan untuk perusahaan komestik jauh lebih longgar dibandingkan dengan perusahaan farmasi. Oleh sebab itu, terkadang masih ada bahan-bahan yang berbahaya dalam komposisi suatu produk yang dibikin. Lagipula, setiap negara punya kebijakan masing-masing dalam hal bahan kimia yang berbahaya. Jadi meskipun di luar negeri ada bahan yang dipakai dilarang keras tapi di dalam negeri sendiri mungkin masih dipakai.

Cermati tanggal kadaluwarsa
Setiap kemasan produk kosmetik biasanya mencantumkan tanggal kadaluwarsa dan tanggal produksinya. Karena itu selalu pastikan masa pakai produk.

0 Response to "5 Hal penting yang perlu dicermati ketika membaca label kosmetik"

Posting Komentar