7 Cara ampuh agar anak tidak jadi picky eater

Salah satu gejala awal anak susah makan adalah pilih-pilih makanan. Awalnya dia akan menyukai beberapa jenis makanan saja tapi seterusnya si kecil akan sulit untuk dibujuk bila makanan yang dihidangkan tidak sesuai selera. Perlu diketahui juga kalau anak susah makan dikarenakan anak terlalu asyik dengan permainannya sehingga tidak mau makan. Untuk itu ada beberapa cara agar si kecil mau makan tidak menjadi anak yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater.

Memahami selera makan si kecil
Saat anak tidak lapar jangan memaksa dia untuk makan karena hal ini malah membuat anak akan semakin bertahan dengan ketidakmauannya. Untuk itu anda sebagai orang tua harus mengenali selera makanannya dan selalu jaga agar seleranya tetap berada pada makanan yang bergizi.

Membuat makanan yang menarik
Anak kecil paling suka dengan makanan yang memiliki bentuk menarik apalagi makanan tersebut hadir dengan warna-warna yang cerah serta beragam sehingga dapat membangkitkan selera makan si kecil.
7 Cara ampuh agar anak tidak jadi picky eater

Bersabar dengan menu baru
Setiap kali anda menyajikan menu yang baru biasanya si kecil hanya mencium dan mencicipnya sedikit saja lalu menaruhnya kembali tanpa dihabiskan.

Baca Waktu Terbaik Berolahraga Berdasarkan Sains

Buat jadwal makan si kecil
Bila anak susah makan maka solusinya adalah mengatur waktu makan secara rutin untuk si kecil. Dalam sehari usahakan si anak makan besar sampai 2 atau 3 kali dengan memilih menu yang sehat. Selain itu jangan lupa menambahkan camilan dan jus yang sehat di dalam jadwal tadi.

Libatkan anak dalam menyajikan makanan
Salah satu tips jitu agar anak mau makan adalah mengajak anak dalam hal menyiapkan makanan.

Berikan contoh
Anak kecil adalah peniru yang baik maka anda sebagai orang tua harus mengenalkan sayuran dan buah-buahan yang akan dimakan si anak dalam bentuk contoh. Si kecil pasti akan meniru apa yang anda makan.

Minimalkan gangguan
Jauhkan segala gangguan dari si kecil ketika waktu makan tiba. Gangguan bisa berasal dari televisi atau gadget yang dipegangnya, matikan semua itu agar si kecil bisa lebih berkonsentrasi dengan makanannya. Selain itu jangan menyuapi si kecil sambil bermain karena hal ini malah membuatnya malah semakin malas untuk makan.

0 Response to "7 Cara ampuh agar anak tidak jadi picky eater"

Posting Komentar