7 Cara mudah Konsumsi Lebih Banyak Serat

Serat berperan penting bagi sistem pencernaan kita. Bahkan Professor Justin Sonnenburg dari Stanford mengungkapkan bahwa bakteri baik dalam pencernaan bisa berkurang bila kita kekurangan serat yang cukup sehingga mengakibatkan terkena penyakit berbahaya seperti obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.

Sebenarnya ada beberapa cara paling mudah untuk mendapatkan asupan serat yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah 7 cara mudah konsumsi lebih banyak serat.

Buah utuh
Kebiasaan minum segelas jus jeruk di pagi hari memang menyehatkan tapi bila sobat ingin mendapatkan lebih banyak serat sebaiknya untuk memakannya langsung karena jeruk yang dibikin jus tidak terlalu banyak mengandung serat. Dengan memakan buah jeruk secara utuh maka anda akan mendapatkan 69 kalori setiap buahnya dan lebih dari tiga gram serat yang bisa masuk ke dalam tubuh.
7 Cara mudah Konsumsi Lebih Banyak Serat

Ganti daging dengan legume
Bila ingin menjalani hidup sehat maka cobalah untuk mengurangi makan daging dan gantilah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, legume dan lentil karena mengandung sumber protein dan tinggi akan serat. Daging sirloin tanpa lemak memang kaya akan protein tapi kandungan seratnya tidak ada.

Baca 4 Makanan Tengah Malam yang Sehat

Ganti keripik dengan popcorn
Camilan ringan yang rasanya renyah biasanya dibuat dari garam dan tepung. Daripada makan keripik ada baiknya untuk memakan popcorn. Selain mengandung gandum utuh, popcorn juga mengandung 3 gram serat dan 90 kalori per 3 cangkir sajian. Ditambah lagi anda bisa memberikan garam dan rempah seperti minyak zaitun agar rasanya semakin nikmat.

Pilih isi salad
Saat orang membuat salad biasanya mereka akan memperbanyak sayuran hijau pada menunya padahal sayuran yang dikonsumsi belum tentu mengandung cukup serat. Daripada makan selada lebih baik mengkonsumsi sayuran lain seperti paprika, wortel dan kol. Brokoli merupakan pilian terbaik karena kaya serat.

Jangan buang kulit sayuran
Sebelum mengupas kulit kentang pikirkan dua kali karena bagian kulit kentang mengandung lebih banyak potasium, serat dan zat besi dibandingkan pada dagingnya. Hal ini juga berlaku pada ubi manis.

Ganti dengan gandum utuh
Bila di rumah sering memakai tepung putih maka ganti dengan tepung gandum. Tepung gandung kaya dengan serat dan mengandung nutrisi penting. Ganti juga nasi putih dengan nasi cokelat karena seratnya lebih tinggi dan rendah kalori.

Tambahkan sayuran ke dalam masakan favoritmu
Tambahkan sayuran yang kaya akan serat ke dalam masakan favoritmu seperti semur daging. Selain lebih banyak serat, sayuran ini dapat membuat rasa masakan semakin lezat.

0 Response to "7 Cara mudah Konsumsi Lebih Banyak Serat "

Posting Komentar