Bapak Teori Informasi Claude Shannon di Google Doodle hari ini

Kita semua bisa melihat pada laman google hari ini ada animasi seorang ilmuwan yang sedang melakukan juggling antara angka 0 dan 1, nah, ilmuwan ini bernama Claude Shannon. Siapakah dia?

Claude Shannon merupakan insinyur kelistrikan yang berasal dari Amerika ini genap berusia 100 tahun yang diperingati hari ini. Karya-karyanya banyak dikenal oleh semua orang di dunia dan diantaranya yang paling terkenal adalah Mathematical Theory of Communication.

Disebutkan sejarah bahwa pada tahun 1949 Shannon pertama kalinya menggunakan istilah bit yang merupakan kependekan dari binary digit. Jadi tidak aneh bila Shannon disebut sebagai Bapak Teori Informasi.

Arti Bit sampai saat ini adalah satuan dasar untuk penyimpanan dan komunikasi informasi dalam teori komputasi dan informasi digital. Bit juga sering digunakan sebagai satuan ukuran untuk kapasitas digit biner misalnya 72 Mbps.

Menurut kabar yang beredar menyebutkan bahwa Claude Shannon merupakan kerabat jauh dari Thomas Alfa Edison dan dia mengakui kalau tokoh sejarah ini dianggapnya sebagai inspiratornya dalam karyanya. Sejak kecil Shannon memang suka utak-atik barang-barang elektronik karena dia bisa mendapatkan uang dengan cara memperbaiki radio. Kala itu radio sangat populer di kalangan masyarakat dan Shannon bisa mendapatkan uang dengan memperbaikinya.

Baca Tukang ledeng berhasil buat sepeda yang benar-benar bisa terbang

Setelah lulus dia lalu  meneruskan pendidikannya di Universitas Michigan jurusan teknik listrik dan matematika. Setelah lulus pada tahun 1936 Shannon melanjutkan pendidikannya di universitas MIT dan pada tahun 1940 akhirnya dia mendapatkan gelar doktor di bidang matematika.

Saat perang dunia kedua meletus, Shannon berkontribusi besar sekali selama perang berlangsung misalnya saja dia berhasil mengembangkan alat pembajak roket V1 dan V2 buatan nazi. Selain itu, dia dikenal sebagai ilmuwan juggling karena berhasil menciptakan robot juggling pin bowling mirip seperti anggota sirkus, lalu penemuannya yang lain adalah mesin catur otomatis dan sepeda berkursi dua.

Pada bulan Februari 2001 Shannon meninggal di Massachusetts, Amerika serikat yang disebabkan oleh penyakit Alzeimer.

0 Response to "Bapak Teori Informasi Claude Shannon di Google Doodle hari ini"

Posting Komentar