Bodie, Kota Hantu yang telah Ditinggalkan

Bodie adalah salah satu kota yang ditinggalkan oleh masyarakat yang terletak di Amerika serikat. Kota ini berada tepat di kawasan pegunungan Sierra Nevada, Mono County California yang kini telah dilindungi oleh State Historic Park.

Awalnya seorang pria bernama W.S Bodey mendirikan tempat tinggal bagi para pekerja di pertambangan emas pada tahun 1859. Sayangnya dia meninggal yang disebabkan oleh badai salju musim dingin dan orang yang bernama Bodey ini tidak pernah kelihatan lagi di kota.

Sebuah legenda mengungkapkan bahwa pelukis salah dalam mengeja naam bodey menjadi bodie, sementara sumber lain mengatakan kalau perubahan dalam ejaan memang disengaja agar orang bisa mengucapkan dengan benar.

Selama 17 tahun pertama pertumbuhan di kota Bodie berjalan dengan sangat lambat dan tempat ini hanya dihuni oleh 20 penambang saja sampai ditemukannya bijih tambang yang bernilai tinggi mengubah kota ini menjadi seperti kota wild west yang sangat padat penduduknya.

Berbagai kalangan masyarakat berbondong-bondong datang ke tempat ini mulai dari pengusaha, penjudi, perampok hingga pelacur untuk mencari kehidupan yang layak. Pada tahun 1879, Kota bernama bodie ini mengalami pertumbuhan penduduk yang sangat pesat sekali hingga jumlah populasinya mencapai 10 ribu orang dan berbagai macam fasilitas umum seperti sarana transportasi keretapi, bank serta kantor surat kabar memenuhi kota tersebut.

Pada suatu ketika pernah dilaporkan bahwa di sepanjang jalan utama kota berjejer rapi sedan mahal dan ada 65 saloons yang beroperasi pada masa itu. Setelah berlangsung beberapa waktu, reputasi kota bodie ini menjadi terkenal akan kekerasan, berbagai macam tindak kejahatan mulai dari perkelahian sampai pembunuhan bahkan banyak penduduknya yang memakai obat-obatan terlarang yang sudah menjadi gaya hidup di kota tersebut.

Masa keemasan kota bodie tidak berlangsung lama karena pada tahun 1882 banyak perusahaan pertambangan kecil mengalami kebangkrutan sehingga membuat orang-orang yang tinggal disana pindah ke kota lain untuk mencari penghasilan yang lebih baik. Pada saat kota Bodie mengalami kebangkrutan bersamaan pula wilayah arizona, Montana dan utah menawarkan kesejahteraan yang lebih baik bagi para pekerja pertambangan.

Kurang lebih seribu orang masih tetap bertahan di kota Bodie pada tahun 1910 sampai suatu ketika pada tahun 1932 terjadi sebuah kebakaran hebat di kota tersebut dan menghancurkan 90 persen bangunan yang ada di kota tersebut.

Meskipun sebagian besar warga yang tinggal disini pergi ke tempat lain masih ada orang yang tinggal disini bahkan ada beberapa tambang kecil yang tetap beroperasi sampai pada tahun 1942. Sampai saat ini kota Bodei adalah kota hantu yang paling otentik dan tetap dilestarikan bahkan kini bisa dilihat beberapa bangunan yang selamat dari kebakaran hebat di masa lalu masih berdiri dengan kokoh. Meskipun bangunannya ditutupi oleh debu dan mengalami pelapukan tapi struktur bangunanya masih sama seperti 50 tahun lalu. Sekarang kota Bodie ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan sejarah nasional yang masih dipelihara sampai saat ini.

0 Response to "Bodie, Kota Hantu yang telah Ditinggalkan"

Posting Komentar