Cuci Cangkang Dulu Sebelum Makan Telur

Meskipun kita hanya mengkonsumsi bagian dalam telur tapi bagian luar atau cangkangnya yang kotor bisa menjadi sumber bakteri salmonela. Bakteri yang menempel pada cangkang dapat mencemari putih telur, kuning telur dalam dan tangan orang yang memegang telur. Disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu lalu dikeringkan sebelum dikonsumsi ataupun disimpan. Hal ini berfungsi untuk menghindari bakteri masuk ke dalam telur yang masuk ke dalam pori-pori kecil di permukaan cangkang.

Salmonella merupakan bakteri yang umumnya mengontaminasi telur dan menyebabkan gangguan kesehatan. Salmonella thypii bisa mengakibatkan demam tifus, sedangkan salmonella paratypii bisa menyebabkan demam paratifus. Gejala salmonella secara umum adalah sakit perut, lesu, mual, pusing, sembelit, demam dan diare berair. Berikut ini adalah ciri-ciri telur yang tidak boleh dimakan.

Telur busuk
Telur telah terinfeksi oleh bakteri sehingga menyebabkan kerusakan telur dari luar maupun dalam.

Telur berjamur
Membran pelindung pada permukaan cangkang telur dapat menghilang bila terdapat kelembapan yang tinggi dan terkena air sehingga hal ini dapat memudahkan bakteri untuk masuk kedalam telur sehingga mengakibatkan kerusakan telur. Biasanya cangkang telur akan timbul bintik hitam.

Telur yang retak
Keretakan yang terjadi pada cangkang bisa menyebabkan bakteri dengan mudah masuk kedalam telur.

Kuning telur hancur
Di bagian dalam telur sudah rusak dan kuning telur telah hancur yang disebabkan oleh guncangan keras. Selain diguncang keras, telur bisa hancur karena disimpan dalam waktu lama. Kapang atau bakteri akan mencemari telur melalui cangkang.

Kuning telur menempel pada cangkang
Bila kuning telur sudah menempel pada cangkang maka ini disebabkan karena disimpan teralu lama sehingga membrannya rusak hingga menempel ke cangkang.

0 Response to "Cuci Cangkang Dulu Sebelum Makan Telur"

Posting Komentar