Inilah efek buruk alkohol untuk jantung

Sudah menjadi rahasia umum kalau alkohol dapat berdampak negatif pada tubuh di antaranya bisa menyebabkan kenaikan berat badan, menurunkan kerja otak dan refleks, serta menyebabkan kecanduan. Minum banyak alkohol dapat membuat jantung jadi lemah.

Minum alkohol secara berlebihan juga bisa meningkatkan resiko stroke dan tekanan darah tinggi bahkan menyebabkan ketergantungan seperti rokok. Alkohol juga bisa menyebabkan gangguan irama jantung atau meningkatnya resiko fibrilasi atriuma.

Memang masih belum ada data yang tepat tentang apa yang terjadi pada jantung bila minum alkohol karena sejauh ini studi masih belum bisa menunjukkan hubungan sebab akibat langsung dari minum alkohol, terang Steven Nissen, MD, etua departemen kedokteran kardiovaskular di Cleveland Clinic di Ohio. I

Menurut Dr. Nissen, alkohol mampu melakukan banyak hal bagi tubuh tapi saat orang dewasa meminum dalam kadar moderat maka bermanfaat bagi jantung. Dalam kadar ini alkohol dapat meningkatkan kolesterol baik plus bertindak sebagai antikoagulan dan membuat darah lebih cair. Lalu juga dapat mengurangi peradangan dan berperan penting dalam memicu serangan jantung dan stroke.
efek buruk alkohol untuk jantung

Para peminum alkohol moderat punya resiko serangan jantung, penyakit pembuluh darah perfier, stroke dan kematian disebabkan oleh kardiovaskuler 25-40 persen lebih rendah dibandingkan yang bukan peminum, terang dari para peneliti di Harvard School of Public Healt.

Baca Cantiknya Scarlett Johansson pamerkan kecanggihan kamera Huawei P9

Red wine dimasukkan dalam kategori alkohol sehat karena mengandung resveratrol yang artinya jenis antioksidan kuat. Namun, masih belum ada bukti kalau kandungan resveratrol memiliki manfaat positif bagi manusia karena selama ini penelitian masih dilakukan pada hewan.

Menurut catatan dari The American Heart Association menjelaskan kalau manfaat dari wine yang dipercaya selama ini disebabkan karena kebiasaan lain seperti makan banyak buah dan sayuran tapi lebih sedikit lemak.

Secara keseluruhan wine tidak memiliki manfaat sebagai pelindung jantung tapi dapat menurunkan resiko jantung berdasarkan keterangan dari British Medical Journal. Minum alkohol terlalu banyak tidak baik bagi fungsi tubuh secara keseluruhan dan lebih baik lagi untuk menghindarinya karena tidak disarankan untuk mencobanya dengan alasan untuk mendapatkan manfaatnya, terang National Institutes of Health

0 Response to "Inilah efek buruk alkohol untuk jantung"

Posting Komentar