Menjelajah ke surga dunia di Taman Nasional Bunaken

Jika anda berkunjung ke kota Manado, sulawesi utara ada baiknya untuk pergi ke Pulau Bunaken. Karena Taman Nasional Bunaken atau disingkat TNB telah didaftarkan indonesia ke organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa dan UNESCO pada tahun 2005. Jadi Taman Nasional Bunaken adalah salah satu warisan dunia yang menyimpan banyak sekali pemandangan menakjubkan.

Untuk pergi ke Pulau Bunaken anda harus mengunakan transportasi laut seperti kapal cepat. Disini ada tiga pelabuhan terkenal yang bisa anda pilih mulai dari pelabuhan Calaca, Megamas dan kawasan Marina. Waktu keberangkatan biasanya para wisatawan memilih jam 07.00 WITA ketika keadaan laut masih teduh, perjalanan menuju pulau bunaken memakan waktu sekitar 45 menit.

Banyak orang yang mengira kalau pesona bunaken hanya terlihat pada taman lautnya saja padahal masih banyak keindahan alam yang bisa anda jelajahi. Di daratannya saja ada beberapa macam tumbuhan yang terkenal mulai dari saug, silar, kelapa, woka dan arecaceae. Di pulau ini pun anda bisa menemukan rusa dan kuskus yang dilindungi, ada pula di pinggir pantai terdapat hunta mangrove yang merupakan habitat bagi kepiting, moluska, lobster dan burung laut.

Bagi pecinta olahraga selam dan snorkeling bisa menikmati 20 titik penyelaman serta snorkeling di sekitar pulau bunaken. Semua lokasi tersebut dihuni oleh ribuan spesies ikan dan ratusan spesies terumbu karang yang eksotis.

Di Taman Nasional Bunaken anda juga dapat menemukan spesies alga mulai dari halimeda, caulerpa dan pida. Sementara spesies rumput laut yang terkenal antara lain Thalassaodendron ciliatum, Enhallus acoroides,dan Thalassia hemprichi.

Dari semua lokasi penyelaman dan snorkeling yang ada, salah satu tempat yang disukai oleh para pengunjung ada di teluk lekuan. Disana pengunjung dapat menemukan habitat dari penyu raksasa, selain itu disana juga anda bisa menemukan bangkai kapal sepanjang 60 meter yang berada di kedalaman 200 meter.

Setiap turis yang datang kesini maka akan mendapatkan beragam kepuasan menikmati liburan disini karena selain membuat diri anda merasa nyaman dan refreshing sekaligus wawasan pengetahuan tentang habitat laut pun juga bertambah.

1 Response to "Menjelajah ke surga dunia di Taman Nasional Bunaken"