Olahraga 4 menit dapat membakar lemak dan perkuat jantung

Hal paling menguntungkan bila punya waktu selama satu jam atau lebih ketika berada di pusat kebugaran. Alasannya karena tempat ini menyimpan segudang manfaat tapi kebanyakan orang tidak punya waktu selama itu. Lalu bagaimana solusinya?

Salah satu solusinya adalah dengan melakukan latihan Tabata. Tabata merupakan jenis latihan interval yang bisa menaikkan ritme jantung dan latihan ini bisa diselesaikan dalam waktu empat menit. Cara melakukannya adalah dengan mengulangi interval latihan selama 20 detik.

Di usahakan juga untuk melakukan pengulangan atau repetisi sebanyak yang kamu bisa. Jangan lupa untuk mengikutinya dengan 10 detik istirahat untuk total delapan putaran. Bagian terbaik dari latihan ini adalah kamu bisa melakukannya dengan jenis gerakan yang kamu pilih.

Tabata merupakan latihan jantung dan membakar lemak serta kalori yang baik. Tabata bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jika kamu hanya punya waktu limat menit maka lakukan latihan satu set. Bila memiliki waktu 10 atau 15 menit maka ulangi sebanyak 2-3 kali.

Tabata tradisional menuntut melakukan pengulangan latihan yang sama selama 8 putaran tapi latihan ini telah dimodifikasi. Idelanya melakukan latihan ini sebanyak dua set atau putaran gerakan setiap latihan sebelum pindah ke gerakan yang berikutnya hingga totalnya mencapai delapan putaran. Dengan cara simpel ini maka kamu akan dapat melatih semua kelompok otot utama hanya dalam waktu sekitar empat menit. Tabata harus dilakukan setiap hari tidak peduli seberapa sibuk anda.


Berikut latihannya :
Squat jump 20 detik
Istirahat 10 detik
Push up 20 detik
Istirahat 10 detik
Burpee 20 detik
Istirahat 10 detik
Squat jump 20 detik
Istirahat 10 detik
Push up 20 detik
Istirahat 10 detik
Burpee 20 detik
Istirahat 10 detik
Sit up 20 detik.

Cara melakukan burpee itu adalah dengan berdiri tegak lalu berjongkok dengan kedua tangan menumpu lantai di depan tubuh. Lempar atau tempatkan kedua kaki ke belakang hingga membentuk posisi push up, lakukan push up satu kali, kembali jongkok, berdiri lagi lalu melompat.

Baca Sensasi unik urban downhill di Desa Kungkuk

0 Response to "Olahraga 4 menit dapat membakar lemak dan perkuat jantung"

Posting Komentar