Strategi Jitu Rutin Menabung

Strategi jitu rutin menabung sepertinya sangat dibutuhkan oleh banyak orang pada era digital sekarang. Hal ini dikarenakan gaya hidup masa kini malah bikin masyarakat semakin boros sehingga sangat sulit untuk menyisihkan uang untuk ditabung.

Kebiasaan ini harus diubah sebab kita akan dengan mudahnya mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan akan membuat kita dalam hidup berhemat akan jadi beban yang berat dan berpotensi membuat kita semakin tertekan.

Bila sudah mencapai keadaan seperti ini maka pikiran tidak akan bisa berfikir secara jernih dan menyuruh kita untuk berutang karena hanya ini solusinya yang tersedia padahal semakin kamu berhutang maka beban akan jadi lebih banyak. Berikut ini adalah strategi jitu menabung secara rutin.

Sisihkan uang saat gajian
Bila anda sudah menerima gaji sebaiknya untuk langsung menyisihkan sebagian pendapatan karena ini adalah langkah pertama untuk memisahkan uang yang digunakan belanja dan untuk menabung. Cara ini dapat membantumu untuk mengumpulkan uang dengan cepat dengan tujuan penggunaan jangka pendek.
Strategi Jitu Rutin Menabung

Pisahkan rekening tabungan dengan belanja
Selalu pisahkan rekening tabungan dengan belanja karena ini akan membuat anda berpikir kalau uang yang dimiliki sudah cukup banyak sehingga membuat anda menggunakannya secara berlebihan. Selain itu cara ini juga bisa membuat kamu membedakan mana yang harus diambil secara sembarangan dan mana yang harus disimpan.

Baca 3 cara jitu bikin hati calon mertua meleleh

Bikin patokan atau tanda
Alokasikan dana yang ditabung dalam bentuk persentase agar dapat dengan mudah menentukan anggaran tabungan secara lebih baik. Gaji yang kamu terima biasanya akan terus meningkat setiap setahun sekali misalnya terlebih lagi kamu juga mendapatkan gaji dari kerja sampingan. Gunakan persentase sebagai patokan agar lebih tahu nominal anggaran tabungan setiap periode.

Kontrol diri
Banyak orang yang tidak bisa mengendalikan dirinya untuk menarik uang tunai dari rekeningnya. Untuk itu cara paling ampuh adalah dengan mengubah mindset anda untuk memikirkan kalau tabungan ini adalah bentuk dari pengeluaran setiap bulannya dan uang yang ditabung tidak bisa diambil kembali.

Buat anggaran bulanan


Salah satu bentuk tindakan pencegahan agar tidak terlalu boros adalah dengan membuat anggaran bulanan. Memang cara ini tidak menjamin kalau anda bisa menahan diri dalam menarik uang tunai dari rekening tapi cara ini layak untuk dicoba.

0 Response to "Strategi Jitu Rutin Menabung"

Posting Komentar