Jane Jacob di Google Doodle Hari Ini

Jane Jacob hari ini menghiasi google doodle pada tanggal 4 mei 2016. Kita bisa melihatnya di halaman depan mesin pencari google tentang wanita bernama Jane Jacob yang berada di tengah perkotaan .Siapa sebenarnya Jane Jacob?

Jane Jacob dulunya adalah seorang jurnalis yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Dia lahir di Pennsylvania, Amerika pada tanggal 4 Mei 1996 dan sangat dikenal di wilayah Greenwich Village. Kisah Jane Jacob memang banyak menginspirasi banyak orang hingga sekarang karena berjuang dengan keras mempertahankan lingkungannya agar tidak diubah oleh pengembang pada masa itu.

Kejadian ini berlangsung pada tahun 1950-1960an. Seorang pengembang besar bernama Robert Moses berusaha merubah tempat tinggal Jane Jacob. Robert ini mengobarkan beberapa blok lingkungan di Greenwich Village untuk membangun jalan bebas hambatan yang bernama Lower Manhattan Expressway (LOMEX).
Jane Jacob di Google Doodle Hari Ini

Di wilayah terpencil yang akan dibangun bebas jalan hambatan ini akan mengorbanakan 1000 usaha kecil menengah dan mengusir 132 kepala keluarga. Tentu saja hal ini ditentang oleh masyarakat yang bermukim disana dan Jane Jacob berusaha keras agar pembangunan itu tidak melibatkan tempat tinggalnya.

Wanita ini terus berjuang selama belasan tahun untuk menghentikan pembangunan tersebut tapi pembangunan jalan tol tetap berlanjut meskipun mengalami hambatan dari wanita tersebut. Sampai-sampai pada tahun 1968 Jane Jacob dijebloskan ke penjara karena tuduhan membuat hasutan pada masyarakat sekitar yang berujung pada kejahatan kriminal.

Meskipun Jane memperjuangkan daerah tempat tinggalnya tapi kisahnya tersebar ke seluruh pelosok amerika serikat bahkan kisahnya diangkat menjadi sebuah buku yang bernama The Death and Life of Great American Cities’. Pemikiran Jane Jacob akhirnya menjadi bagian dari kebijakan tata kota di daerah Toronto. Pada 25 April tahun 2006 Jane Jacob wafat di Toronto Kanada dan kisahnya dikenal hampir semua masyarakat dunia. Hari ini adalah perayaan ulang tahun ke 100 Jane Jacob, wanita hebat yang berjuang tanpa kenal lelah dan takut menghentikan pembangunan di kota tempat tinggalnya.

0 Response to "Jane Jacob di Google Doodle Hari Ini"

Posting Komentar